Trik untuk Mengatasi Touchscreen Error dan Macet di Ponsel Pintar

Trik untuk Mengatasi Touchscreen Error dan Macet di Ponsel Pintar

Sudah menjadi hal wajar jika kebutuhan akan ponsel pintar kini meningkat. Tidak lain dan tidak bukan karena banyak informasi dan komunikasi serta akses yang berhubungan dengan aktivitas manusia itu sendiri sudah begitu dekat dan lekat.

Tentu manusia sudah tidak bisa terpisahkan dengan koneksi internet yang menjadi penunjang ponsel pintar yang kini masih marak digunakan. Oleh karena itu, bayangkan jika terjadi sesuatu permasalahan pada ponsel pintar ini. Pasti akan sangat mengganggu bukan?

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak pengguna ponsel, baik itu ponsel murah maupun mahal. Biasanya bagian Layar Sentuh yang sering macet dan error, hal ini dikarenakan human error tapi bisa saja kesalahan dari pabrik loh. Hal ini bisa terjadi pada ponsel pintar jenis apapun karena tidak ada yang menjamin touchscreen mereka tidak bermasalah.

Nah, Bagi kamu yang tengah dilanda dilema dan cemas akan masalah tersebut. Kini bisa sejenak bernapas lega. Karena kami akan memberitahu beberapa trik untuk mengatasi Touchscreen error dan macet di Ponsel Pintar kamu.

Sudah tidak sabar? Baiklah, langsung simak saja penjelasannya kali ini ya!

Trik pertama dengan cara menggunakan Kalibrasi Android
Biasanya Fitur kalibrasi sudah tersedia langsung pada ponsel pintar atau smartphone, tablet android yang beredar. Kalibrasi ini berfungsi sebagai percobaan pada Touchscreen, apakah berfungsi normal atau tidak.

Dari berbagai sumber mengatakan bahwa dengan menggunakan Kalibrasi maka sensitivitas pada layar akan kembali membaik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Nah, caranya cukup mudah. Kamu bisa mengaturnya sendiri.

  1. Pertama, masuk pada menu Setting > Display > Calibration.
  2. Kemudian gunakan kode *#*#2664#*# untuk melihat sensitivitas pada Layar Android.
  3. Terakhir, restart ponsel android anda
  4. Selesai

Trik kedua, coba masuk ke Safe Mode
Trik berikut ini juga hampir sama dengan trik pertama. Karena di sesi terakhir trik. Kamu diminta untuk merestart ulang ponsel pintar atau smartphone kamu. Tapi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Safe Mode memungkinkan kamu untuk menggunakan ponsel dengan software kosong, tanpa layanan atau aplikasi yang telah kamu instal sebelumnya.

Jika touchscreen kamu dapat berfungsi dengan normal di safe mode, kemungkinan besar masalah utamanya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.
Bila masalah tersebut memang benar-benar karena kesalahan pihak ketiga kamu bisa mencoba menerapkan trik ini.
Untuk masuk ke Safe Mode, kamu bisa tekan dan tahan tombol Power. Setelah itu tekan dan tahan menu Power Off dan kamu akan melihat prompt untuk masuk ke Safe Mode. Klik Accept atau tap layar dua kali dan ponsel kalian akan masuk ke Safe Mode. Untuk keluar dari Safe Mode, ulangi prosedur tadi tapi pilih opsi Restart.

Trik untuk Mengatasi Touchscreen Error dan Macet di Ponsel Pintar

Trik ketiga, Lepas Pelindung Layar
Pelindung Layar biasanya digunakan untuk melindungi touchscreen dari goresan dan hantaman saat jatuh, saat ini banyak orang yang memasang pelindung layar atau screen protector di ponsel pintar mereka. Tapi, panel plastik atau kaca ini bisa saja menghambat sinyal sentuhan kamu ketika menyentuh panel display. Jika touchscreen kalian error sebagian atau tidak merespon, coba lepas pelindung layar yang ada pada ponsel kamu.

Trik keempat, coba tingkatkan Latensi Layar
Jika touchscreen di ponsel masih error sebagian, dan trik sebelumnya belum bisa membantu mengatasinya maka kamu bisa mencoba menerapkan trik kali ini. Kamu dapat meningkatkan latensi layar menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Repair. Aplikasi ini bekerja dengan mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons.

Cara kerja Aplikasi ini yaitu aplikasi ini akan meminta kamu untuk menyentuh sebagian dari layar. Berdasarkan internal ponsel kamu tentunya dan kemudian menurunkan latensi layar secara artifisial seoptimal mungkin.

Trik kelima, Lepaskan SIM Card
Trik terakhir yang bisa kamu coba terapkan pada ponsel kamu yang bermasalah pada touch screen nya yaitu untuk coba mematikan ponsel pintar atau smartphone kamu lalu cabut dari charger. Keluarkan SIM Card dan memory card yang ada di ponsel.

Jika selesai maka kamu bisa menyalakan kembali ponsel dan cek layar sentuh pada ponsel kamu. Bila telah normal kembali masukkan kembali item yang kamu keluarkan satu persatu hingga kalian berhasil mengidentifikasi penyebabnya.

Itulah beberapa trik untuk mengatasi Touchscreen error dan macet di Ponsel Pintar kamu. Jika masalah masih belum terselesaikan. Kamu bisa menservice ponsel pintar kamu dengan jasa service yang ada di kota kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *