Tips Sharing Printer di Windows

Tips Sharing Printer di Windows

Tentu kamu punya alat yang satu ini bukan? Yaps, Printer. Bagi kamu yang seorang pelajar, mahasiswa,pekerja kantoran pasti tidak luput menggunakan printer.

Apalagi jika kamu perlu untuk mengeprint sebuah data, informasi, gambar dan lain sebagainya untuk tugas sekolah, kampus dan kantor. Oleh karena itu kamu sangat memerlukan printer. Nah, Printer sendiri merupakan salah satu yang sangat diperlukan baik untuk keperluan di kantor maupun di rumah loh.

Terkhusus bila alat ini untuk digunakan bersama banyak orang, pasti akan sangat praktis lagi jika dengan menggunakan fitur sharing.

Kenapa? Karena dengan penggunaan fitur sharing ini akan memudahkan kamu untuk menghemat biaya.
Selain menghemat pengeluaran, penggunaan fitur sharing printer ini juga bisa menghemat waktu. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membelikan printer untuk setiap komputer.

Kamu juga tidak perlu bolak-balik hanya untuk mencetak dokumen. Kamu bisa cukup sediakan satu printer dan duduk di depan komputer untuk melakukan print.

Pasalnya tak harus disediakan satu printer untuk setiap perangkat PC atau laptop. Bagi kamu yang bekerja di kantoran, kedua penggunaan tersebut akan sangat berguna sekali.

Nah, penasaran bukan bagaimana tips menggunakannya?

Tenang kali ini kami akan membahasnya! Untuk itu kamu jangan beranjak kemana-mana ya, stay tune terus disini.

Baiklah, untuk penggunaan fitur sharing sendiri kamu bisa menerapkan dengan dua pilihan cara. Kamu pasti bisa menerapkannya. Karena mensettingnya sangat mudah kok.

Sharing printer sendiri dapat diaplikasikan pada jaringan LAN yang berbasis kabel maupun wireless. Yang paling penting ialah pastikan bahwa setiap komputer harus bisa terhubung dengan baik pada komputer yang terkoneksi dengan printer, oke!

Kalau begitu langsung kita mulai saja ya.

Tips Sharing Printer di Windows

Tips Penggunaan Sharing Printer dengan Kabel LAN

Hal pertama yang perlu kamu lakukan pastikan terlebih dahulu jika komputer yang terkoneksi dengan printer terhubung dengan baik pada komputer yang lain.

Jika sudah terhubung semua, kamu bisa klik Start dan pilih Printer and Faxes pada tampilan Printer and Faxes. Kemudian pada icon printer tersebut kamu bisa klik kanan dan pilih Sharing. Maka selanjutnya akan muncul kotak dialog Properties jika kamu melihat tampilan dari dialog properties, kamu sudah bisa mengklik tab Sharing dan pilih Share this printer.

Lalu, beri nama printer tersebut pada kolom share name yang tersedia dan klik ok. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu sudah bisa coba menggunakannya untuk melihat hasil print apakah berhasil atau tidak.

Tips Penggunaan untuk Printer Sharing

Untuk penggunaan Printer Sharing berikutnya. Kamu juga bisa menerapkannya dengan sangat mudah.
Langkah pertama masih sama seperti tips yang sebelumnya yaitu pastikan terlebih dahulu koneksi komputer kamu. Jika selesai.

Mulai dengan mengklik Start pada keyboard komputer kamu lalu pilih Printer and Faxes. Selanjutnya klik kanan pada sembarang tempat dan pilih Add Printer setelah muncul layar kotak pilih opsi dengan nama Add Printer Wizard.

Lalu kamu hanya perlu lanjut untuk klik Next dan pilih opsi A Network Printer kemudian klik Next lagi. Selanjutnya, klik lagi pada kolom Connect to this printer; dan Next. Isi nama printer dan klik next kembali. Terakhir, atur apakah printer sharing tersebut akan menjadi default atau tidak.

Jika sudah memutuskan, kamu tinggal mengikut langkah terakhir yaitu klik Finish. Maka kamu sudah bisa menggunakan fitur printer sharing ini.

Praktis, cepat dan simpel bukan? Nah, jadi kamu tidak perlu lagi ribet dan repot ketika ingin mengeprint di kantor. So, selamat mencoba ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *