Tips Mengatasi Laptop Lemot

Tips Mengatasi Laptop Lemot

Lemot seringkali menjadi penyakit yang kerap kali hinggap pada perangkat elektronik kamu tentunya. Dan bukan menjadi hal asing lagi untuk kamu dengar. Lemot juga tidak hanya terjadi pada smartphone saja melainkan laptop juga bisa mengalami hal ini loh.

Kadang masalah ini membuat kamu sebagai pengguna sering kewalahan menghadapinya dan akan menjadi sangat mengganggu jika itu terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Ada berbagai jenis laptop yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang mumpuni dengan harga yang tak jauh tinggi. Namun meski terbilang memiliki performa yang bagus dan terbaik tetap saja jika digunakan setiap hari performanya perlahan akan semakin menurun alias jadi lemot.

Banyak hal yang melatarbelakangi hal tersebut. Dan yang pastinya saat menggunakan laptop yang lemot, lama-lama akan semakin menjengkelkan bukan? apalagi jika sedang dikejar deadline.

Namun, kamu tidak perlu takut. Karena kami punya solusi, bagaiman agar laptop kamu tidak lemot lagi. Dan apabila kendala tersebut terulang kembali, kamu punya jawaban untuk mengatasinya sendiri.

  • Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi
    Tips pertama yang bisa kamu terapkan disaat laptop kamu lemot. Usahakan untuk selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop kamu. Karena, sistem yang selalu up to date tidak hanya membuat laptop kamu jadi lebih aman tapi juga membuat performanya menjadi lebih cepat.
  • Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
    Tips kedua kamu juga bisa cek beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Kadang kala kamu mungkin sering mengunduh aplikasi yang tanpa sadar memakan banyak tempat di harddisk. Oleh karena itu, ada baiknya apabila aplikasi tersebut tidak digunakan kamu bisa menghapusnya atau diuninstall.
    Nah, agar kamu tahu aplikasi apa saja kira-kira yang memiliki banyak tempat. Kamu bisa bisa buka Control Panel > lalu klik Programs > kemudian pilih programs and Features. Jika sudah maka semua aplikasi yang kamu unduh akan tampil di layar.

Tips Mengatasi Laptop Lemot

  • Batasi Aplikasi Saat Startup
    Apa Laptop kamu kadang menjadi lemot ketika dihidupkan? Hal ini akan sangat mungkin terjadi, apabila beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Namun tenang, kamu bisa kok membatasi aplikasi apa saja yang harus berjalan saat startup.
    Kamu bisa buka Task Manager dan klik tab Startup. Disini kamu juga bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop kamu. Sangat mudah bukan? So, bisa langsung kamu terapkan ketika masalah lemot mampir ke laptop kamu.
  • Coba upgrade RAM
    RAM bisa loh menjadi salah satu alasan kenapa laptop kamu lemot. Karena RAM yang memiliki kapasitas yang kecil dan memuat banyak file yang melebihi kapasitas akan membuat laptop kamu lemot parah. Nah kamu bisa coba ganti dengan RAM berukuran lebih besar dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!
  • Gunakan Aplikasi Tune Up
    Jika semua tips sebelumnya masih belum membuat laptop kamu bekerja seperti normal kembali. Maka tips yang terakhir ini dapat kamu coba terapkan. Tips lain untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan menginstal aplikasi tune up.
    Aplikasi satu ini mungkin terlihat seperti aplikasi pembersih lain yang ada di smartphone kamu. Bedanya hanya aplikasi ini, pembersih khusus untuk perangkat seperti laptop atau komputer.
    Aplikasi tune up tidak hanya bisa membersihkan tetapi juga mampu menjalankan beberapa fungsi misalnya menghapus file duplikat atau yang tidak lagi digunakan hingga melakukan defragmentasi harddisk.
    Tapi kamu harus selalu berhati-hati karena banyak aplikasi gratis yang mengklaim bisa membuat kinerja laptop kamu menjadi lebih cepat, tapi nyatanya mengandung malware. Namun tenang, aplikasi tune up ini terjamin kok dan tentunya tepercaya.

Nah, itulah kiranya tips-tips untuk mengatasi laptop yang lemot. So, kamu tidak perlu khawatir dan bingung lagi jika tiba-tiba laptop kamu lemot.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *