Bagaimana Pengaturan MX Record?

Bagaimana Pengaturan MX Record?

Kamu yang memiliki domain tentu pernah melihat fitur MX record. Apalagi jika kamu sempat mengutak-atik beberapa pengaturan DNS domain di dalamnya. Nah, untuk kamu yang belum tahu tenang. Kamu bisa simak penjelasannya disini.

Dari pengertiannya sendiri MX (mail exchanger) record merupakan jenis DNS record yang berperan dalam pengiriman email. Informasi ini digunakan untuk menyatakan tujuan email yang dikirim ke alamat email domain kamu.

Kegunaannya tidak jauh berbeda dengan alamat IP. Ketika kamu mengakses sebuah website, komputer kamu menghubungi DNS untuk mencari alamat IP yang digunakan oleh domain situs tersebut. Hasilnya, kamu dapat mengakses website itu.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengatur MX record ini cukup mudah dan praktis lho. Kamu bisa Setting MX Record di cPanel. Untuk melakukannya, kamu perlu mengakses Dashboard cPanel terlebih dahulu. Pada dasarnya kamu dapat mengakses cPanel dengan mengetikkan domain kamu yang diikuti dengan /cpanel. Contohnya websiteku.com/cpanel.

Kemudian, masukkan username dan password yang diberikan oleh penyedia hosting ketika kamu membeli hosting dan domain. Selain itu, kamu juga dapat mengakses cPanel tanpa perlu log in jika penyedia hosting memilikinya.

Setelah berhasil login ke cPanel, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami paparkan berikut ini.
Pertama, Cari Menu Zone Editor Untuk mencari menu Zone editor ini.

Kamu bisa scroll ke bawah hingga kamu menemukan kategori Domains. Kemudian, klik menu Zone Editor. Agar lebih mudah, kamu juga dapat mengetikkan Zone Editor pada search bar yang terdapat di atas Dashboard cPanel.

Kedua, Buatlah Pengaturan Baru
Setelah masuk ke menu Zone Editor, temukan domain yang ingin kamu beri pengaturan record baru. Kemudian, klik tombol+MX Record di sebelah kanan nama domain tersebut.

Tunggu pop up muncul lalu masukkan priority dan destination yang diberikan email client pihak ketiga yang ingin kamu gunakan.

Bagaimana Pengaturan MX Record?

Priority biasanya berupa angka dan menunjukkan tingkat prioritas client email yang kamu gunakan. Jika domain kamu memiliki lebih dari satu MX record, maka yang memiliki angka lebih tinggi akan diutamakan.

Sedang untuk Destination merupakan domain server milik penyedia email client. Oleh karena itu, informasi ini berupa URL. Kedua informasi tersebut hanya dapat kamu temukan ketika kamu sudah membuat akun di penyedia email client pihak ketiga. Di bawah ini adalah contoh priority dan destination yang diberikan oleh Zoho Mail.

Jika kamu sudah memasukkan keduanya pada kolom yang tersedia di cPanel, klik Add an MX record.
Dan finish. Kamu telah berhasil membuat pengaturan MX record baru. Namun, proses penyambungan email server dengan domain kamu dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jadi, kamu perlu menunggu sebelum dapat menggunakan email client.

Meski kamu sudah selesai mengaturnya. Tentu ada suatu saat kamu ingin mengeceknya atau ingin mengubah MX Record di cPanel Selain pengaturannya mudah, ternyata pengecekannya juga sangat praktis. Kamu dapat mengeceknya di menu Zone Editor.

Caranya, klik tombol Manage yang terdapat di sebelah kanan tombol+MX Record. Di sini kamu akan melihat daftar semua DNS record yang dimiliki domain kamu.

Lalu temukan pengaturan yang kamu gunakan, kemudian klik Edit. Jika sudah selesai, kamu bisa klik Save Record. Kamu juga bisa kok menghapus pengaturan yang telah dibuat, yaitu dengan mengklik tombol Delete. Ini perlu dilakukan apabila kamu sudah tidak menggunakan suatu email client atau berpindah ke yang lain.

So, mudah bukan? Kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin mengatur MX record. Karena kami telah memberitahu mu lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *