Tips Agar Lebih Mudah Mencari Informasi Penting

Tips Agar Lebih Mudah Mencari Informasi Penting di Google

Kali ini kita akan bahas mengenai tips cara mudah untuk mencari informasi penting lewat Google. Sebelum itu, ada baiknya kita singgung sebentar mengenai Google itu sendiri. Tentu Anda sangat familiar dengan layanan satu ini bukan?

Yap, Google. Siapa yang tidak mengenal situs pencarian ini. Google merupakan perusahaan yang dimana hampir dikenal oleh seluruh pengguna internet. Kemampuannya yang bisa diandalkan saat mencari informasi penting juga menjadi layanan yang banyak digunakan.

Google juga dianggap mampu memudahkan dan memberikan informasi yang lebih akurat seperti melakukan pencarian menggunakan kata kunci.

Kadang saat mencari informasi dan pembahasan penting di Google, kita sering mengalami kesulitan untuk menemukannya. Nah, inilah gunanya kata kunci. Karena akan memudahkan kamu menemukan informasi yang ingin kamu cari.

Ingin tahu kira-kira bagaimana tipsnya?

Tenang kami akan memberitahunya. Kalau begitu jangan kemana-mana. Tetap stay tune disini ya!
Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mencari informasi menggunakan kata kunci seperti biasa namun dengan hasil yang lebih baik. Oke langsung saja.

Tips Pertama Tanda Minus (-)
Tahukah kamu jika tanda minus mampu memberi informasi penting loh. Tanda minus ini berguna untuk kamu yang ingin mencari informasi namun tidak ingin menyematkan beberapa kata yang ada di dalamnya.

Misalnya, jika kamu diharuskan untuk mencari artikel untuk tugas kuliah namun tidak boleh mengambil dari beberapa blog tertentu seperti blogspot atau wordpress. Maka, kamu bisa langsung mengisi kolom pencarian seperti, “Materi kuliah -blogspot / -wordpress”. Dan hasilnya, kamu akan dengan mudah menemukan informasi yang ingin kamu cari.

Tips kedua dengan mengetik Tanda Kutip ( ” )
Jika tips pertama, kamu tinggal ketik tanda minus. Tips satu ini sama praktisnya. Kamu tinggal mengetik tanda kutip. Karena penggunaan tanda kutip juga berfungsi untuk mencari informasi tentang kutipan-kutipan.
Jadi, tips ini cukup ampuh untuk kamu yang ingin menemukan kutipan dari pakar yang sesuai dengan kalimat yang dicari.

Sebagai contoh, “Tips menggunakan beberapa fitur Google”. Maka nantinya, mesin pencarian Google akan secara spesifik memunculkan website yang berisikan kutipan tersebut tanpa diubah sama sekali.

Tips Agar Lebih Mudah Mencari Informasi Penting

Tips ketiga, Site:( nama website)
Tips berikutnya adalah dengan menambahkan kode Site:(nama website). Kegunaan kode ini juga berguna untuk memudahkan kamu yang ingin mencari informasi dari website-website tertentu.

Contohnya, jika kamu ingin stalk status facebook teman kamu, maka kamu hanya tinggal menuliskan “(username Facebook) atau ketik site:Facebook.”

Tips keempat, bisa dengan tanda Titik
Seringkali kita tidak sadar jika penggunaan titik dalam kolom pencarian Google ternyata sangat berguna loh.
Namun bukan satu titik tapi kamu harus menyematkan dua titik (..). Kode itu dapat digunakan untuk kamu yang ingin mencari sesuatu dalam rentang jarak tertentu.

Terakhir Klasifikasikan dengan jenis Folder
Tips, Terakhir mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui apa gunanya mengetik tipe folder di situs pencarian Google. Ya, hal tersebut bisa dipakai untuk mengklasifikasi jenis file yang ingin kamu cari.

Kamu bisa menyematkan .pdf, .excel, atau yang lainnya untuk bisa langsung menemukan apa yang sesuai dengan keinginan.

So, sangat mudah bukan untuk menerapkannya? Sekarang kamu bisa dengan mudah mencari informasi yang ingin kamu temui di Google dengan hanya mengetik kata kunci tertentu seperti tips diatas.

Baiklah, itu dia beberapa tips mudah untuk mencari informasi penting dengan mengetik kata kuncinya saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *