Tips Menghemat Data di Smartphone

Tips Menghemat Data di Smartphone

Di era modern saat ini, penggunaan smartphone sedang ramai-ramainya. Apalagi jika semua kebutuhan dan kemudahan yang ingin kamu cari ada semua di dalamnya. Tentu kamu akan betah berlama-lama dengan smartphone kamu tanpa memikirkan efek negatif yang akan menyerang.

Smartphone memudahkan kamu mengakses apapun yang kamu butuhkan. Contohnya seperti belanja online, bermain game ataupun mencari resep masakan dan informasi lainnya. Kamu hanya perlu duduk manis dengan menggenggam smartphone dan menggerakan jari kamu.

Namun, pernah nggak merasa kesal disaat sedang asik-asiknya bermain game atau mencari produk belanja di situs online, kuota kamu tiba-tiba terkuras habis. Bisa dipastikan bahwa kamu sangat boros menggunakan kuota data. Hal ini mungkin akan membuat kamu kebingungan bukan main. Apalagi jika baru beberapa hari, kamu mengisi ulangnya.

Tapi tenang, masalah tersebut bisa kamu siasati.

Bagi pengguna smartphone seperti kamu, kini bisa mengatasi beberapa hal diatas. Ingin tahu dan penasaran?
Baik, kami akan memberitahu kamu!

Ada beberapa tips untuk kamu, agar bisa menghemat kuota tanpa perlu mematikan aksesnya setiap saat. Berikut tips receh namun tidak recehan yang bisa kamu terapkan demi meminimalisir agar kuota data kamu tidak cepat habis!

1. Batasi Penggunaan Data
Pertama, kamu bisa membatasi penggunaan data. Hal ini dilakukan agar dapat mengontrol kuota internet tiap harinya. Jika sudah mendekati batas ambang atau mencapai batas penggunaan kuota, nantinya akan ada peringatan.

Caranya sangat mudah, kamu bisa menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone. Dengan cek pemakaian internet di Settings > Connections. Jika sudah, klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet.

2. Jangan biarkan Aplikasi Update secara Otomatis
Kedua, kamu juga perlu memperhatikan beberapa aplikasi yang ada di smartphone kamu. Jangan biarkan aplikasi itu update secara otomatis. Bagaimana cara mengaturnya? Tenang, caranya mudah kok, kamu bisa mengaturnya untuk tidak terupdate secara otomatis.

Nah, begini caranya. Hal pertama yang harus kamu lakukan bukalah Play Store > Settings > Auto-update apps. Lalu akan ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai gantinya, pilihlah Over Wi-Fi only atau Don’t auto update apps.

Tips Menghemat Data di Smartphone

3. Pembatasan kuota di Background
Ada beberapa aplikasi yang berjalan sebagai background di smartphone dan ternyata tanpa disadari berpeluang besar pada kuota. Contohnya aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Batasi background tersebut guna meminimalisir penggunaan data kuota kamu.

Ingin tahu bagaimana cara mengaturnya? Berikut caranya yang bisa kamu coba:

Buka menu Settings lalu ketik data usage. Kemudian sederet aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang kamu pakai. Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, kemudian klik Restrict app background data.
Perlu diketahui bahwa cara ini akan membatasi gerak aplikasi loh. Misalnya, ketika kamu mengaplikasikannya ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya. Jadi, atur pada aplikasi yang mungkin tidak selalu kamu pakai ya!

4. Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome
Tips terakhir kamu bisa mengaktifkan fitur data server yang ada di chrome loh. Chrome sendiri menjadi salah satu aplikasi penjelajah dunia maya yang biasanya digunakan banyak orang untuk mengakses informasi apapun.
Namun, tidak hanya sebatas itu saja. Nyatanya chrome juga bisa membantu menghemat data kuota kamu saat berselancar menggunakan chrome, yaitu dengan mengaktifkan fitur data servernya.

Caranya masuk ke Chrome > menu pengaturan yang dapat diakses dari pojok kanan atas. >buka “Data Saver” atau “Penyimpanan Data” dan aktifkan.

Demikian tips yang bisa kamu terapkan untuk membantu kamu menghemat data kuota. Kamu juga tidak perlu repot-repot mematikan data kuota kamu saat tidak digunakan. Nah, dengan begitu kamu bisa menjelajahi semua akses apapun yang ada di internet tanpa harus terhalang batas kuota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *