Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Mikrofon (microphone) merupakan salah satu perangkat audio yang terbilang sangat penting untuk kamu miliki saat ini. Tak hanya dalam bidang tarik suara saja, namun kini penggunaan mikrofon sudah sangat marak di pakai oleh siapa saja, apalagi jika kamu sedang merintis karir sebagai youtuber atau podcaster yang saat ini sedang ramai digeluti.

Pemilihan mikrofon yang berkualitas akan sangat membantu menunjang aktivitas kamu, baik dalam pekerjaan maupun berkreasi menciptakan konten. Nah, itulah kenapa Mikrofon yang bagus dan berkualitas begitu penting untuk kamu pertimbangkan. Karena akan memberikan kepuasan tersendiri serta hasil yang maksimal.

Saat ini, Jika diperhatikan ada beberapa mikrofon khusus yang biasa digunakan. Berbeda dengan Mikrofon biasa, mikrofon ini memiliki kemudahan dan keunggulan yang lebih baik dibanding mikrofon biasa. Dikenal dengan Microphone Condenser dan Microphone Dynamic. Keduanya telah menjadi mikrofon yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Microphone Condenser dan Microphone Dynamic tentu memiliki persamaan serta perbedaan masing-masing. Jika  membahas persamaannya, keduanya  sama-sama bisa digunakan untuk menangkap suara. Sedangkan untuk perbedaannya sendiri terletak pada komponen dan cara kerjanya yang berbeda.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai kedua mikrofon tersebut? Baiklah akan kami paparkan penjelasannya berikut ini.

Dilihat dari bentuknya, Microphone Condenser sendiri memiliki bentuk yang lebih bulat, pendek, dan memiliki bagian terbuka di segala arah pada ujung mikrofonnya. Berbeda dengan Microphone Dynamic, yang mempunyai bentuk yang panjang dan bagian ujungnya lebih mengarah ke satu arah.

Dari segi penggunaannya, Microphone Condenser lebih sering dipakai di studio-studio musik yang kedap suara atau dalam tempat yang sedikit suara di sekitarnya. Hal ini dikarenakan Microphone Condenser memiliki cukup sensitivitas penangkapan suara yang cukup tinggi dibanding dengan Microphone dynamic. Suara yang dihasilkan juga jernih dan utuh. Oleh karena itu, mikrofon ini banyak digunakan oleh para vlogger atau streamer saat beraksi secara live streaming atau recorded di kanal media sosial.

Sedangkan Microphone Dynamic justru sebaliknya, kamu bisa menemukan mikrofon ini ada di sejumlah acara live. Karena jenis mikrofon satu ini hanya memiliki satu sumber penerima suara sehingga suara penggunanya akan terdengar lebih fokus pada satu suara dan membuatnya semakin lebih terminimalisir. Cocok untuk kamu yang ingin mengadakan konser.

Microphone Condenser vs Microphone Dynamic

Kemudian jika dilihat dari sisi pemakaiannya, Microphone Condenser memerlukan daya penambahan agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Mikrofon ini lebih menggunakan baterai atau power supply. Meskipun begitu tetap daya penambahan yang dibutuhkan cenderung sedikit.

Dibandingkan dengan Microphone Condenser, Microphone Dynamic justru langsung bisa dikaitkan ke piranti speaker. Jadi, kamu tidak perlu lagi memakai penambahan daya seperti power supply atau baterai. Mikrofon ini memang sangat cocok untuk kamu yang menginginkan penggunaan yang simpel dan praktis.

Nah, bicara soal harga keduanya kurang lebih fleksibel kok. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki karena keduanya memiliki ragam harga yang cukup bervariasi tergantung dengan brand dan merk yang akan kamu pilih.

Jadi, sampai di kesimpulan bahwa apapun jenis mikrofon yang akan kamu gunakan, pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan ya. Karena pilihan mikrofon yang tepat tergantung pada kebutuhan yang akan kamu gunakan nantinya. Jangan lupa juga selalu mengecek kembali barang yang ingin kamu beli dan senantiasa perhatikan kualitas dari mikrofon yang akan kamu pakai. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *