Apa itu Whois Privacy dan apa saja fungsinya

Apa itu Whois Privacy dan apa saja fungsinya?

Informasi ini akan sangat berguna untuk kamu yang saat ini sedang memiliki website, ditambah lagi jika kamu memakai jasa hosting domain. Tentu kamu sudah mengenal pengertian dominan itu sendiri bukan?

Domain sangat penting bagi kamu yang memiliki website. Namun tahukah kamu jika masih banyak info penting lainnya yang terhubung dengan domain loh.

Salah satunya Whois Privacy. Sebelum mengenal lebih lengkap apa itu Whois Privacy. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu arti dari Whois Privacy itu sendiri.

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, makna dari Who Is adalah “siapakah”. Who Is mengacu pada sebuah fasilitas yang digunakan untuk mengetahui data dari domain tertentu, misalnya nama pemilik domain, IP Address, server, dan informasi lainnya yang digunakan.

Jadi, dari pengertian singkat diatas dapat diketahui bahwa Whois merupakan informasi penting terkait sebuah domain yang bisa dilihat oleh siapapun. Nah, bagi kamu pemilik website, tentu kamu tidak ingin sembarangan orang mengetahui informasi pribadi kamu kan?

Kalau begitu kamu harus mengetahui lebih dalam mengenai Whois privacy, karena sangat berhubungan erat dengan informasi pribadi kamu loh. Tentu kamu tidak ingin informasi pribadi kamu diumbar begitu saja kepada orang lain bukan?

Nah, dengan adanya Whois Privacy ini. Kamu tidak perlu cemas akan serangan orang-orang tak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan data diri kamu tersebut. Jadi, ingin tahu lebih lanjut mengenai Whois Privacy kan? Yuk langsung simak penjelasannya.

Apa itu Whois Privacy dan apa saja fungsinya

Apa itu Whois Privacy?

Menurut wikipedia, Whois privacy adalah layanan yang ditawarkan oleh sejumlah pendaftar nama domain. Layanan ini juga berfungsi untuk memproteksi Whois data Anda. Dengan menambahkan domain privacy, semua detail kontak atau informasi website Anda dapat disembunyikan dari rekaman Whois.

Whois Privacy juga ada tambahan biaya loh. Jadi, setelah Anda membayar sejumlah dana untuk Whois Privacy, data diri Anda akan diganti dengan informasi tentang penyedia whois domain privacy tadi.

Domain yang sudah terdaftar akan tetap muncul di Whois search, bahkan dengan privacy. Tapi nama situs Anda mungkin akan muncul seperti ini: Sayasiapa Whois Privacy Service. Dan di bagian email akan muncul seperti ini: contact@sayasiapawhoisprivacyservice.com

Adapun beberapa fungsi yang membuat Whois Privacy sangat penting untuk kamu pertimbangkan penggunaannya.

  1. Memblokir Spam
    Membiarkan detail kontak kamu ada di Whois search sama saja mengizinkan spam menyerang kamu. Nah, dengan memiliki Whois privacy, kamu bisa mengamankan inbox kamu dari serangan email masuk yang tak jelas asalnya. Dan kini spam tidak dapat masuk sesukanya.
  2. Menghindari Pencurian Identitas
    Dengan adanya Whois Privacy, kamu akan terlindungi dari orang-orang aneh yang ingin memanfaatkan data diri Anda untuk melakukan kejahatan. Contohnya seperti beberapa orang jahat yang ingin membuat akun bodong untuk penipuan dan kejahatan lainnya.
  3. Mencegah Tawaran Bisnis yang Tidak Diinginkan
    Bagi kamu pemilik sebuah usaha bisnis, tentu informasi kontak akan sangat penting untuk memudahkan pelanggan menghubungi kamu. Tanpa Whois privacy, kamu mungkin tidak punya kontrol bagaimana untuk menghindari serbuan email atau telepon masuk dari pelanggan kamu. Apalagi jika ada yang ingin bekerja sama dengan kamu.
  4. Menyembunyikan Lokasi Tinggal Anda
    Tidak semua pengguna internet adalah orang yang baik. Tidak semua orang baik adalah pengguna internet. Jadi, jangan membiarkan alamat rumah atau bisnis kamu diketahui orang banyak, karena itu akan memicu tindak kejahatan dan sangat membahayakan kamu. Nah, dengan penggunaan Whois Privacy. Informasi pribadi mengenai alamat dan jenis lainnya bisa tersembunyi. Dan tidak semua orang bisa melihatnya.

Nah, itulah beberapa fungsi yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Whois Privacy pada website kamu. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika informasi kamu diketahui oleh orang-orang yang tidak kamu kenal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *