Tips Mengatasi SIM Card yang tidak terbaca di Smartphone

Tips Mengatasi SIM Card yang tidak terbaca di Smartphone

Bagi kamu pengguna smartphone tentu pernah mengalami masalah yang bikin kamu gusar dan tidak nyaman. Salah satu masalah yang kerap kali terjadi yaitu kartu SIM alias SIM Card yang ada di smartphone kamu tiba-tiba tidak terbaca atau bisa jadi error.

Lalu kira-kira apa yang harus kamu lakukan jika masalah ini melanda pada SIM Card kamu? Seringkali kamu tidak tahu alasan mengapa masalah tersebut terjadi.

Tapi, tenang itu bukan masalah besar kok. Kamu bisa mengatasinya dengan mudah melalui beberapa tips yang akan kami hadirkan kali ini. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu alasan apa yang membuat SIM Card kamu bisa tidak terbaca dan mengalami error.

Penasaran bukan? Berikut penyebabnya yang bisa kamu ketahui agar kamu bisa tahu alasan mengapa SIM Card kamu tidak terbaca atau tidak terdeteksi di smartphone.

  1. Penyebab pertama adalah Usia pakai SIM Card kamu sudah terlalu lama. Bukan hanya SIM Card saja namun setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga SIM card ini. Ia memiliki masa pakai yang sangat beragam. Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan.
  2. Kedua, Kuningan SIM Card sudah rusak. Nah patut untuk Anda ketahui bahwa Kuningan merupakan komponen terpenting dalam SIM card karena berisikan data-data pengguna. Lembaran kuningan ini selain bisa rusak termakan waktu, bisa juga rusak karena sering kamu pindahkan. Mungkin tanpa sadar kamu sering membuka tutup SIM Card sehingga mengalami lebih banyak gesekan.
  3. Yang terakhir, SIM Card kamu overheat. Pernah dengar alasan satu ini. Ternyata SIM Card juga bisa overheat loh. Isu panas yang berlebih terkadang kamu temui di beberapa smartphone. Posisi SIM card yang umumnya terletak dekat komponen, akan sangat rawan panas sehingga menyebabkan benda ini menjadi overheat dan merusak kuningan beserta data di dalamnya.

Nah, Kalau sudah tahu penyebabnya, yuk langsung simak bagaimana cara mengatasinya.

Kamu harus percaya, jika setiap masalah akan ada solusinya. Terutama permasalahan mengenai SIM Card kali ini. Meskipun ada cukup banyak alasan penyebab SIM card bisa rusak maka akan hadir pula berbagai tips untuk mengatasi nya.

Tips Mengatasi SIM Card yang tidak terbaca di Smartphone

Sudah siap? Oke, kami akan memberitahunya untuk kamu.

  • Bersihkan SIM Card
    Tips pertama yang bisa dilakukan ketika SIM Card kamu tidak terbaca atau error. Kamu bisa membersihkan SIM cardnya. Caranya sangat mudah buka perlahan slot SIM Card kamu dan lepaskan SIM card dari slot smartphone yang tersedia serta bersihkan dari debu-debu  yang menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM. Selanjutnya kamu bisa mengaktifkan kembali smartphone kamu lalu tunggu hingga SIM card terhubung ke jaringan ya!
  • Matikan Smartphone dan coba SIM Card lain
    Jika tips pertama belum berhasil, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan SIM card lainnya pada smartphone kamu. Lakukan hal yang sama pada SIM card milikmu seperti tips pertama. Hal ini guna untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi.
    Nah, Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka SIM card milikmu lah yang rusak. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi, jadi kamu harus perhatikan lebih detail ya penyebabnya.
  • Atur Ulang Jaringan
    Selain karena SIM Cardnya bermasalah, bisa jadi masalah lain datang dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang kamu gunakan tidak bisa berfungsi dengan baik.
    Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengatur ulang jaringan di smartphone kamu. Jika tidak bisa di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

Masih belum berhasil? Tenang masih ada tips berikutnya yang bisa kamu coba lakukan pada smartphone kamu.

  • Factory Reset Smartphone
    Dari tips-tips sebelumnya jika dirasa belum berhasil juga, kamu bisa melakukan tips satu ini yaitu factory reset yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula, sama seperti pengaturan pabrik alias seperti baru.
    Namun kamu harus siap rela dan waspada, karena segala pengaturan, data dan termasuk akun serta aplikasi akan terhapus. Namun itu tidak jadi masalah, kamu bisa melakukan proses back up terhadap data-data kamu yang penting terlebih dahulu agar data, aplikasi dan lain sebagainya yang ada di smartphone kamu tidak hilang.
  • Konsultasi ke Customer Service
    Tips terakhir jika beberapa solusi diatas tidak kunjung mendapat jawaban akan masalah SIM Card kamu. Kamu bisa mendatangi langsung atau menghubungi customer service terdekat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begini kamu bisa berkonsultasi dan mengetahui masalah yang terjadi. Nah jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.

Oke, Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan pada SIM Card kamu yang sedang mengalami masalah. Yang paling penting, kamu harus mengetahui lebih dulu penyebab masalahnya ya, bukan malah panik dan gusar. Selamat Mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *