Tips Hindari Pencurian Data Pribadi melalui Sosial Media

Tips Hindari Pencurian Data Pribadi melalui Sosial Media

Pernah mendengar keluhan mengenai pencurian data pribadi melalui sosial media? Tentu bukan hal lumrah untuk kamu dengar. Hal ini sering kali terjadi pada beberapa orang yang sebagian besar bermain media sosial.

Jika bicara tentang media sosial, setidaknya kamu sudah tahu bukan dampak baik dan buruknya? Siapa yang tidak pernah sama sekali menggunakan media sosial? Dapat dipastikan semua kalangan termasuk kaum tua dan muda memainkannya.

Kamu bisa mengupload, mengakses gambar dan menulis status di media sosialmu. Kamu juga bebas untuk melihat dan mengunduh beragam hal. Namun, kamu tentu tidak pernah membayangkan, hal yang sering kamu lakukan justru memicu segelintir orang untuk bertindak jahat.

Nah, dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa Media sosial adalah salah satu pintu bocornya data pribadi.

Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media. Sebaiknya pastikan semua konten yang ingin kamu unggah ke media sosial tak mengandung data pribadi. Karena akan sangat rentan memicu tindak kejahatan.

Selain itu, ternyata jenis ponsel yang dipakai pun dapat menjadi pemicu pencetus data pribadi kamu untuk diketahui oleh orang yang tidak dikenal loh. Seringkali tanpa sadar saat kamu memposting lokasi dan jenis HP yang kamu pergunakan dalam foto yang akan diposting bisa menjadi kesalahan fatal yang bisa salah gunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk menggunakan data pribadimu.

Tips Hindari Pencurian Data Pribadi melalui Sosial Media

Setelah kamu mengetahui bagaimana pencurian data dilakukan lewat media sosial begitu mudahnya. Tentu kamu harus meningkatkan kewaspadaan ekstra. Kalau begitu kami hadirkan beberapa tips yang bisa kamu coba agar tidak terjadi kesalahan fatal saat menggunakan sosial media.

    • Penggunaan Password
      Tips pertama untuk mengamankan akun media sosial kamu yaitu dengan tetap memperhatikan penggunaan password. Tingkatan keamanan data pribadi dan privasi kamu pada akun media sosial, ganti password secara berkala. Dengan melakukan hal ini, maka para hacker akan sulit untuk menembus password.
    • Pemilihan aplikasi dan website
      Tips kedua yaitu dengan memilih aplikasi dan website yang terpercaya. Tentu saja hal ini tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Sebab, aplikasi dan website yang tidak terpercaya akan dapat menimbulkan berbagai masalah pada data dan privasi. Selain itu, aplikasi dan website yang tidak terpercaya pada umumnya masih memiliki sistem pengamanan yang belum cukup tinggi untuk melindungi data penggunanya. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan aplikasi dan website yang akan kamu gunakan ya.
    • Log out dari Perangkat Umum
      Bagi kamu yang sering menggunakan perangkat umum untuk membuka akun media sosialmu maka kamu harus lebih memperhatikan tingkat keamanannya yaitu dengan senantiasa melakukan logout usai menggunakan perangkat umum. Dan mengeceknya kembali apakah sudah keluar atau belum.
      Sebab, para hacker dapat mencuri data pribadi dan privasi kamu dengan mudah lantaran fasilitas umum tersebut dipakai oleh banyak orang yang otomatis akan mengunjungi banyak situs website.
    • Waspada dengan Jaringan
      Tips terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa mengamankan data pribadi kamu yang ada di sosial media yaitu dengan mewaspadai jaringan yang digunakan sewaktu kamu mengakses internet untuk menggunakan sosial media. Jika memungkinkan, cobalah untuk selalu menggunakan jaringan yang aman. Hindari untuk melakukan login dengan memasukkan ID dan password saat terhubung dengan hotspot yang rentan disusupi oleh para hacker.

Itulah sekilas tips yang bisa kamu beri perhatian lebih saat membuka atau ingin menggunakan sosial media. Lebih baik lagi jika kamu senantiasa bijak ketika menggunakannya. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan seperti masalah pencurian data pribadi ini. Semoga Bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *