Saturday, April 21, 2018
SEO

Manfaatkan SEO Lokal untuk Bisnis Anda

SEO lokal merupakan suatu cara mengoptimasi suatu website bisnis lokal yang ditargetkan untuk audience lokal pula, sesuai dengan wilayah geografis yang ditentukan.

Pencarian lokal maksudnya adalah pencarian yang dilakukan dengan menggunakan kata kunci suatu wilayah.

Misalnya, “resort di Lombok” dan banyak contoh lain yang menggunakan kata kunci wilayah geografis. SEO lokal dapat Anda gunakan untuk Anda yang memiliki pengunjung yang berasal dari wilayah sekitar.

SEO lokal juga dapat membantu Anda untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung. Anda dapat menggunakan teknik SEO umum pada SEO lokal ini, hanya ada beberapa perbedaan dan penambahan yang perlu Anda lakukan pada SEO lokal ini, yaitu sebagai berikut:

1. On-page SEO Lokal

Wilayah geografis sangat memengaruhi SEO lokal. Sehingga lokasi dimana bisnis Anda berada akan menjadi kata kunci yang signifikan.

Karena itulah, Anda perlu menambahkan kata kunci geografis di judul dan pada meta description konten Anda. Jika diperlukan, Anda juga dapat menambahkan kata kunci geografis pada URL dan konten.

Selanjutnya, Anda dapat menyertakan nama bisnis, alamat, deskripsi bisnis, serta nomor telepon dalam semua halaman website Anda.

Anda perlu menempatkan identitas bisnis Anda agar bisa muncul pada semua halaman. Salah satunya yaitu agar muncul pada bagian footer website.

2. Optimasi untuk Versi Mobile

Google akan memprioritaskan website yang mobile-friendly. Hal ini dikarenakan banyak orang yang melakukan pencarian melalui perangkat mobile.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% pencarian lokal dilakukan melalui perangkat mobile.

Dengan adanya versi mobile, Anda juga akan memberikan kemudahahan kepada pengunjung dalam mendapatkan informasi.

3. Gunakan Google My Business

Google My Business (Google Bisnisku) merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan pebisnis ditemukan pengunjung pada halaman hasil pencarian.

Jika Anda ingin bisnis Anda beserta foto, review dan lain-lain dapat muncul pada hasil pencarian seperti gambar di atas, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda di Google My Businnes.

Anda hanya perlu mengunjungi halaman Google My Business dan selanjutnya menge-klik tombol yang berwarna biru.

Selanjutnya, lakukan pencarian dengan menggunakan nama bisnis Anda.

Jika telah selesai, Anda hanya perlu mengklaim kepemilikan dan menambahkan informasi lain seperti identitas.

4. Kutipan Luar

Ini merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting.

Anda juga perlu mendaftarkan bisnis Anda pada situs-situs direktori bisnis online. Dengan cara seperti ini, berarti Anda memberitahu Google jika situs Anda memang ada.

Salah satu situs direktori bisnis yang perlu anda daftarkan adalah Yellow Pages.

5. Review dan Rating

Semakin banyak review yang baik dan semakin tinggi rating, maka semakin tinggi pula peluang bisnis Anda untuk ditampilkan Google.

Biasanya, calon pembeli akan memutuskan membeli atau tidak juga ditentukan oleh rating dan review.

Terkait dengan hal ini, hal yang harus Anda ingat adalah Anda tidak boleh membeli review. Jangan membuat riview palsu atau bertukar review dengan rekan Anda.

Karena hal-hal seperti itu akan mengakibatkan bisnis Anda rusak.

Untuk bisa mendapatkan review yang benar, Anda dapat memasang link website Anda atau pada media sosial menuju halaman bisnis Anda. Atau Anda juga dapat mengirimkan pembeli email 2 hari atau 3 hari setelah produk Anda tiba.

Hal ini akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan review real yang benar-benar Anda dapatkan dari pembeli.

6. Backlink ke Website

Tidak berbeda seperti SEO pada umumnya, link dari luar menuju ke website Anda merupakan faktor yang sangat penting.

Dengan mendapatkan banyak link dari luar, akan besar kemungkinan bisnis Anda mendapat peringkat yang tinggi pada hasil pencarian.

7. Media Sosial

Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat fanpage tersendiri bagi bisnis Anda.

Meskipun media sosial tidak memberikan dampak langsung terhadap SEO lokal, tetapi media sosial akan memengaruhi peringkat bisnis Anda.

Hal ini dikarenakan status dari beberapa media sosial langsung terindeks oleh Google. Seperti Facebook, Twitter dan Pinterest.

8. Blog untuk Bisnis

Telah banyak bisnis yang membuat blog relevan agar bisa meluas jangkauannya dan mendalami dunia online. Mesin pencari seperti Google lebih menyukai konten-konten yang informatif.

Dengan membuat blog, orang-orang akan lebih mudah menemukan dan menyadari keberadaan Anda melalui hasil pencarian Google.

Dengan blog, Anda akan bisa menjangkau klien lebih banyak dan dapat meningkatkan otoritas website bisnis Anda.

9. Kampanye Iklan dengan Target Lokal

Salah satu cara yang terbaik dalam menjalankan SEO lokal adalah dengan membuat kampanye dengan target yang lokal pula.

Anda juga perlu memerhatikan konten Anda agar bisa meyakinkan pengunjung.

Untuk bisa membuat kampanye lokal ini Anda dapat mengggunakan jasa iklan Pay Per Click, atau bisa menggunakan Facebook Ads atau tools lainnya.

Beberapa Bisnis yang dapat Menggunakan SEO Lokal

Berikut beberapa bisnis yang dapat menggunakan SEO lokal:

  • Pelayanan Medis

Bisnis yang menggunakan layanan medis, seperti kantor dokter, praktik kedokteran gigi dan klinik perawatan yang mendesak, sangat cocok untuk SEO lokal.

  • Kantor Hukum

Secara umum, ketika orang-orang membutuhkan penasihat hukum, mereka mencari seorang ahli di dekatnya. Oleh karena itu, muncul dalam pencarian lokal sangat penting bagi firma hukum.

  • Bar dan Restoran Hotel

Ini merupakan kesempatan yang besar, bisnis perhotelan melihat omset industri yang paling banyak. Misalnya, lebih dari seratus lokasi restoran dan hotel dibuka di Indonesia dalam setahun terakhir.

Tujuan utama setiap restoran adalah menjadi pokok dalam masyarakat. Untuk mencapai status ini, dibutuhkan banyak pelanggan yang kembali.

  • Tukang Pipa

Ketika sebuah pipa di rumah Anda meledak dan Anda memerlukan bantuan segera, di mana tempat pertama yang Anda lihat?

Google.

Dalam kasus ini sebenarnya begitu banyak orang yang dapat membantu Anda jika orang tersebut bisa menghubungi Anda dan menyelesaikan masalah Anda.

Oleh karena itu, SEO lokal adalah sumber utama untuk tukang pipa atau siapa saja yang membantu pelanggan dengan pemecahan masalah cepat.

  • Pet Services

Pet services sangat khusus dan hampir secara eksklusif dalam permintaan di tingkat lokal.

Biasanya kata kunci yang dicari di daerah ini adalah untuk hal-hal seperti perawatan, pet duduk, berjalan kaki, pelatihan, persediaan dan dokter hewan.

Kesimpulan

Teknik SEO lokal hampir sama dengan teknik SEO biasanya, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal lagi agar SEO lokal Anda berhasil.

Hal tersebut seperti optimasi pada on-page, membuat blog untuk toko Anda, memaksimalkan media sosial dan lain sebagainya.

Sebelum menerapkan teknik SEO lokal, Anda juga perlu memerhatikan apakah bisnis Anda cocok untuk SEO lokal atau tidak.

Di atas sudah saya berikan contoh-contoh bisnis yang cocok untuk SEO lokal, dan masih banyak bisnis lainnya yang cocok untuk SEO lokal.

Leave a Reply