Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Tema WordPress?

Pernahkah Anda berpikir apa yang akan terjadi bila tema WordPress Anda diganti? Dengan sejumlah besar tema WordPress yang tersedia, Anda mungkin tertarik untuk mengganti tema dengan yang lebih bagus. Meski secara umum mengganti tema merupakan hal yang aman untuk dilakukan, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum melakukan hal tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan: “apa yang terjadi ketika Anda mengganti tema WordPress?”.

Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Tema WordPress

Sebelum Anda Mengganti Tema WordPress
Sangat, amat penting bagi Anda untuk membuat sebuah backup komplit sebelum melakukan perubahan besar dan signifikan seperti mengganti tema, memasang plugin, atau mengimpor / mengekspor data. Sebelum mengaktifkan sebuah tema WordPress baru, Anda perlu melihat preview terlebih dahulu guna melihat bagaimana tema tersebut dapat mempengaruhi situs web Anda. WordPress mengizinkan instalasi dan preview sebuah tema tanpa perlu mengaktifkannya, cukup dengan menginstal tema itu kemudian tekan tombol “Live Preview” di bawah tema tersebut.

Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Tema WordPress 1

Ketika melakukan preview tema, catatlah hal apa saja yang dipengaruhi dan diubah oleh tema tersebut. Cek halaman utama situs Anda, postingan, halaman-halaman individual, serta arsip. Kemudian, pertimbangkan apakah Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap tema baru tersebut dengan mudah supaya Anda bisa mempertahankan fitur-fitur lama yang ingin tetap Anda gunakan.

Sekarang, kita akan membahas apa saja yang dapat terjadi ketika Anda mengganti tema WordPress.

Menu dapat Menghilang di Tema Baru
WordPress dilengkapi dengan sistem navigasi menu built-in. Sehingga, setiap tema mendefinisikan lokasi di mana menu ditampilkan secara berbeda-beda. Itulah sebabnya mengapa ketika Anda mengganti tema WordPress, akan muncul lokasi menu baru. Lokasi menu yang lama perlu Anda masukkan ulang ke tema yang baru. Pilih Appearance >> Menus, kemudian pilih menu yang ingin Anda gunakan dan beri tanda centang pada lokasi yang Anda inginkan.

Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Tema WordPress 2

Pengaturan Widget akan Berubah
Widget memungkinkan Anda untuk meletakkan berbagai elemen dengan mudah di sidebar WordPress. Ketika Anda mengganti tema, seperti yang terjadi pada menu, sidebar-sidebar lama akan diganti dengan sidebar dari tema yang baru. Hal ini secara otomatis akan menonaktifkan widget-widget Anda. Memang beberapa tema dapat menampilkan widget WordPress standar secara otomatis, tetapi setiap widget yang memiliki kustomisasi akan ditaruh di bagian widget non-aktif. Anda tetap dapat menggunakan widget-widget lama tersebut dengan menambahkannya ke sidebar yang baru. Widget non-aktif dapat ditambahkan ke tema baru dengan mudah.

Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Tema WordPress 1

Pengaturan Tema akan Hilang
Setiap tema WordPress memiliki opsi kustomisasi yang berbeda-beda. Malahan, ada beberapa tema WordPress yang memiliki options panel sendiri untuk mengatur setumpuk pilihan kustomisasi. Pengaturan-pengaturan ini bisa termasuk logo situs, favicon, header, gambar latar, dan lain-lain. Semua pengaturan ini akan lenyap ketika Anda mengganti tema, digantikan dengan pengaturan default tema yang baru.

Anda dapat mencoba melakukan pengaturan ulang di tema yang baru. Akan tetapi, bisa jadi tema yang baru tidak memiliki fitur sebanyak tema lama Anda, atau bisa jadi pula tema yang baru justru memiliki fitur lebih banyak dari tema yang lama.

Artikel berhubungan:  Review Program Affiliate Lazada

Dalam kebanyakan kasus, pengaturan-pengaturan tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap performa situs web di search engine. Efek dari menghilangnya beberapa pengaturan tidak bakal begitu signifikan. Namun, ada beberapa tema yang memiliki pengaturan SEO di options panel mereka. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin men-transfer pengaturan-pengaturan SEO ke tema yang baru. Anda dapat menggunakan SEO Data Transporter.

Jenis Postingan Theme-Specific dan Taxonomies akan Hilang
Beberapa tema WordPress (bukan yang tersedia di direktori tema WordPress resmi) melangkahi batasan fungsionalitas mereka ke domain plugin. Artinya, tema-tema tersebut menawarkan fitur yang tidak berhubungan dengan penampilan situs, seperti pembuatan jenis posting sendiri, taxonomies yang dapat digunakan untuk menampilkan konten seperti portfolio atau testimoni, dan lain-lain.

Saat Anda mengganti tema, jenis postingan hasil kustomisasi dan taxonomies tersebut jadi tidak dapat digunakan. Mereka tetap disimpan di database WordPress Anda, tapi Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian agar dapat ditampilkan di tema yang baru.

Slider Theme-Specific akan Hilang
Banyak tema WordPress yang menawarkan cara mudah menambahkan slider di berbagai bagian dari situs web Anda. Slider-slider ini akan hilang ketika mengganti tema. Oleh karena itu, kami menyarankan sebaiknya Anda menggunakan plugin yang dapat diandalkan untuk menambahkan slider alih-alih menggunakan fitur dari tema.

Shortcode Theme-Specific akan Hilang Juga
Shortcode merupakan cara mudah untuk meningkatkan fungsionalitas dalam postingan dan widget WordPress. Banyak tema WordPress yang hadir dengan sebuncah shortcode untuk berbagai fitur, seperti penambahan tombol, galeri, slider, layout kolom, dan lain-lain. Ketika Anda mengganti tema, semua shortcode dari tema lama akan mati. Jadi, shortcode-shortcode lama bakal tampil di dalam postingan-postingan Anda dalam bentuk teks. Jelas hal tersebut akan merusak penampilan situs web.

Sayang sekali, tidak ada cara mudah untuk mengimpor shortcode dari tema lama ke tema yang baru. Namun, Anda bisa mencari dan menghapus shortcode yang tak terpakai secara manual.

Hal-Hal yang Tidak Dipengaruhi Perubahan Tema
Postingan dan halaman WordPress Anda tidak akan dipengaruhi oleh perubahan tema. Tetapi, tampilan gambar dan attachment mungkin bakal sedikit berbeda di tema yang baru.

Semua file media tidak akan diganggu oleh perubahan tema. Namun, banyak tema yang memiliki ukuran gambar tersendiri untuk featured image serta thumbnail. Anda perlu menyesuaikan ulang ukuran gambar sesudah penggantian tema. Selain itu, Pengaturan default WordPress di bawah menu Settings juga tidak akan terpengaruh.

Semoga bermanfaat!