Saturday, April 21, 2018
Email Marketing

Apa Itu Email Marketing?

Pengertian serta penjelasan lebih jauh seputar email marketing

Tahukah Anda apa itu email marketing? jika Anda adalah seorang pebisnis online mungkin Anda pernah mendengarnya.

Mari kita terjemahkan kata per kata berdasarkan Wikipedia.

Email:   surat elektronik.  

Marketing:   aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.  

Kalau kita simpulkan, email marketing berarti serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengomunikasikan atau menyampaikan beberapa penawaran kepada pelanggan melalui surat elektronik.

Jadi, untuk seorang pebisnis, apalagi pebisnis online. Email marketing adalah sarana yang bisa Anda pakai dan manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda kepada pelanggan.

Lah, sama saja dong dengan kegiatan marketing biasa? Iya sama. Sama-sama kegiatan marketing. Tapi beda.

Bedanya adalah, di kegiatan marketing offline, Anda perlu bertatap muka langsung dengan pelanggan, melakukan penawaran langsung pula. Intinya bertemu langsung.

Sedangkan di email marketing, Anda melakukan penawaran dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan, mengetahui kebutuhan pelanggan, serta membujuk pelanggan melalui konten yang akan dikirimkan melalui email.

Hanya melalui email, tidak bertatap muka langsung.

Kenapa Harus Email Marketing?

Kenapa Anda disarankan untuk menggunakan email marketing

● Pertama, Biaya Relatif Lebih Murah

Jika Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini:

“Anda lebih suka mengeluarkan budget yang tinggi untuk penghasilan yang tinggi atau mengeluarkan budget yang rendah untuk penghasilan yang rendah?”

Jawabannya dua kemungkinan:
1. Anda akan mengeluarkan budget yang besar untuk penghasilan yang besar, atau
2. Anda hanya akan mengeluarkan budget yang rendah saja dulu.

Tapi, jika Anda mendapatkan pertanyaan seperti ini:

“Anda lebih suka mengeluarkan budget yang tinggi untuk penghasilan yang tinggi atau mengeluarkan budget yang rendah untuk penghasilan yang tinggi?”

Jawabannya hanya ada 1 kemungkinan: Anda akan mengeluarkan budget yang rendah untuk penghasilan yang tinggi. Semua orang mau yang ini.

Email marketing mampu membantu Anda mendapatkan penghasilan yang besar dengan budget yang kecil.

Kenapa bisa seperti itu, karena dengan email marketing Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk membayar ongkos kirim, mencetak iklan, atau coding untuk newsletter.

Anda bisa membuat email marketing dengan cara manual. Hal ini sangat menguntungkan karena email marketing relatif murah sedangkan respons yang diberikan cukup tinggi.

● Kedua, Email Marketing Paling Banyak Digunakan

Untuk menjaring ikan, sudah pasti orang akan mencari sungai yang banyak ikannya. Untuk mengumpulkan leads, tentu orang mencari saluran yang banyak penggunanya.

Saluran yang paling banyak pengguna saat ini adalah email.

Berdasarkan survey, hampir semua pengguna internet hampir memiliki akun email. Sedangkan banyak pengguna internet yang tidak menggunakan media sosial.

Untuk menggunakan media sosial pun, seseorang perlu membuat akun email terlebih dahulu.

Jadi, sudah jelas jika email dapat membantu Anda mengumpulkan masa untuk kampanye Anda.

Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan, coba tanyakan ke teman-teman Anda apakah mereka memiliki email atau tidak, dan mulai hitung rata-rata pengguna media sosial pastilah memiliki email.

Jika Anda telah melakukan bisnis melalui media sosial dan telah menguntungkan Anda. Anda dapat memanfaatkan email marketing ini untuk menambah keuntungan.

● Ketiga, Email Hampir Tidak Pernah Berubah

Mengapa Anda harus menggunakan email, salah satu alasannya adalah email hampir tidak pernah berubah. Sedangkan saluran-saluran lain sangat cepat berubah.

Kita akan ibaratkan email seperti sebuah baju, iya betul, baju!

Beberapa orang akan membeli baju yang tidak terikat dengan tren, karena takut jika membeli baju mengikuti tren, dan tren berganti. Maka orang tidak akan percaya diri memakainya lagi. Karena sudah tidak sesuai dengan trennya lagi.

Anda mungkin pernah berpikir seperti ini, atau bahkan melakukan hal ini.

Begitu pula dengan email marketing, Anda tidak akan repot untuk menyesuaikan diri karena adanya perubahan-perubahan.

Sekali lagi, karena email hampir tidak pernah berubah.

● Keempat, Kontinyuitas

Membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan adalah hal yang sangat penting.

Setelah Anda berhasil membangun sebuah hubungan, tentunya Anda ingin jika hubungan tersebut memiliki kelanjutan yang menguntungkan.

Leads ⇒ Closing ⇒ Repeat Order ⇒ Referral ⇒ Leads

Begitulah seterusnya, berputar.

Untuk melanjutkan hubungan tersebut, tentunya Anda harus selalu memantau dan memberikan pelayanan yang baik kepada calon pelanggan potensial.

Melalui email marketing, Anda dapat mempromosikan produk atau dagangan Anda secara berkala, bahkan bisa diotomatisasi.

Hal yang perlu dilakukan hanya membuat beberapa sales letter yang baik dan menarik serta mengatur kapan surat-surat tersebut dikirim dan kapan Anda membalas surat-surat yang masuk.

Selanjutnya, yang mengirimkan surat-surat Anda merupakan tugas autoresponder yang telah anda setting waktunya. Anda hanya perlu melakukan hal tersebut sekali, selanjutnya autoresponder akan mengirimkannya berkali-kali sesuai jadwal yang telah diatur.

● Kelima, Personal

Anda pasti pernah melihat iklan di Instagram.

Iklan di Instagram tidak bisa menjangkau pelanggan Anda lebih personal. Bukan berarti iklan tersebut tidak mampu berkontribusi. Bukan.

Tapi, iklan di Instagram tidak bisa menyapa pelanggan Anda satu per satu. Anda perlu untuk menyentuh sisi emosional pelanggan.

Karena, pelanggan secara tidak langsung akan merasa lebih dekat dengan penjual atau pengirim email ketika disapa secara langsung, dengan pesan pribadi. Bukan iklan yang diperuntukkan semua orang.

Itu juga sebenarnya iklan yang diperuntukkan untuk semua orang juga. Namun dengan sentuhan yang lebih intim dan personal

Anda juga dapat menjangkau di manapun pelanggan berada. Dengan cara ini sebenarnya Anda memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari rutinitas pelanggan Anda secara pribadi.

● Keenam, Lebih Cepat

Anda pasti pernah mengirimkan email kepada seseorang. Untuk mengirimkan email kepada satu orang itu membutuhkan waktu satu sampai tiga menit. Sebentar saja.

Tapi, coba bayangkan jika Anda memiliki 500 calon pelanggan dalam sehari. Berapa jam waktu yang harus Anda sisihkan hanya untuk mengirim email secara manual.

500 x 3 Menit = 1500 Menit = 25 Jam

Waktu Anda akan habis hanya untuk mengirimkan email!

Email marketing memberikan kemudahan dengan menggunakan Plugin email sehingga Anda hanya membutuhkan waktu yang relatif sedikit untuk bisa merencanakan dan menjalankan email kampanye, dan dalam waktu yang singkat Anda akan mendapatkan hasil.

● Ketujuh, Tepat dan Fleksibel

Dengan adanya fasilitas dari provider email marketing. anda dapat dengan mudah melacak tanggapan terhadap email Anda dengan tepat. selain itu Anda juga dapat mengetahui kinerja email yang Anda kampanyekan serta hal-hal apa yang belum sesuai dan perlu untuk diperbaiki. Hal ini memudahkan Anda untuk segera mengevaluasi yang telah dilakukan dan mengubah strategi kampanye yang belum sesuai.

● Terakhir, Tingkat Konversi Tertinggi

Berdasarkan survey, bila dilakukan dengan benar email marketing dapat memberikan tingkat konversi paling tinggi jika dibandingkan dengan media sosial dan search engine. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa email marketing merupakan sarana pemasaran yang paling efektif.

Kesimpulan

 Secara singkat, dapat dikatakan bahwa email marketing merupakan sarana yang sangat tepat untuk Anda gunakan untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan, mempromosikan produk, serta melakukan pelayanan-pelayanan untuk memudahkan pelanggan dan meringankan pekerjaan Anda. 

Leave a Reply