Friday, July 20, 2018
Affiliate Marketing

Affiliate Marketing: Bisnis online tanpa modal hasil optimal

Jika ingin memulai bisnis online tetapi tak memiliki produk (dan modal), maka Affiliate Marketing adalah jawaban terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Faktanya, Afiliasi merupakan model bisnis yang begitu populer di jagat maya sejak diperkenalkan pertama kali belasan tahun silam. Tak sedikit orang yang menggantungkan penghasilan setiap bulan dari strategi pemasaran ini serta menjadikannya sebagai sebuah profesi yang disebut sebagai Affiliate Marketer.

affiliate marketing

Bila dikerjakan secara serius, hasilnya pun tak main-main.

Lalu apa sih affiliate marketing itu?

Secara garis besar, affiliate marketing adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Lihat pengertian di wikipedia.

Pemilik produk atau jasa yang ingin agar produknya dapat dijual oleh orang lain biasanya akan membuat sebuah Program affiliasi, dengan menentukan besaran komisi serta aturan main bagi pihak yang ingin bergabung sebagai affiliate atau affiliate marketer.

Contoh paling mudah adalah Amazon.com, situs belanja terbesar di dunia yang mengizinkan setiap orang turut serta memasarkan ratusan ribu produk yang ada di Amazon sebagai Amazon Associates, salah satu program afiliasi tertua di dunia.

Ini berarti, kita semua yang menguasai strategi marketing online dapat turut serta memasarkan produk Amazon.

Affiliate Marketing Menyuburkan Konten

Dikatakan jika dunia maya merupakan tempat orang berbagi. Meski demikian, patut diduga jika motif yang berada di baliknya adalah tumbuh sumburnya affiliate marketing diantara para pembuat konten.

affiliate marketing

Hampir seluruh konten yang berhubungan dengan review produk, perbandingan antar satu dengan yang lain serta penawaran bonus tertentu selalu menyertakan link afiliasi dimana jika ada pembelian, maka sang pembuat konten berhak mendapatkan bagian komisi.

Maka tak heran jika para pembuat konten, apa pun media yang digunakan, video, sosial media, blog, website, selalu dapat mendapatkan imbalan yang setimpal sesuai dengan usahanya, salah satunya melalui corong affiliate marketing.

Ini berarti pula, jika Anda dapat membuat konten dan mampu menghadirkan informasi yang mengiring pada pembelian, Anda juga dapat melakukan praktik affiliate marketing, alih-alih harus memiliki produk sendiri.

Affiliate Network

Selain Amazon, tentu saja ada ribuan program affiliasi lainnya dari berbagai kategori yang tersedia.

Faktanya tidak semua merchant (sebutan bagi pemilik produk atau jasa) memiliki program affiliasi mandiri seperti halnya Amazon, Lazada, dan lain sebagainya.

Ada beragam alasan untuk ini, baik keterbatasan sumber daya maupun kurangnya kredibilitas supaya dipercaya oleh para marketer.

Untuk itulah dibutuhkan pihak ketiga yang mengumpulkan merchant serta marketer dalam satu platform.

Ini kita sebut sebagai Affiliate Network.

Pada umumnya, Affiliate Network atau Network affiliasi memiliki banyak merchant dari beragam niche dan kategori produk yang dapat dipilih oleh marketer untuk dipromosikan. Ada banyak sekali affiliate network yang tersedia yang akan kita buat daftarnya secara lengkap pada bagian bawah posting ini.

Jenis-jenis Affiliate Marketing

Mengingat ketersediaan ruang yang amat luas serta dukungan teknologi komputasi nan canggih, ada berbagai model pemasaran affiliasi yang terus berkembang seiring zaman.

Berikut beberapa jenis affiliate marketing:

Pay Per Sale (PPS)
Dalam payment per sale Anda akan mendapatkan komisi jika orang yang membeli produk melalui link affiliate Anda.

Amazon dan Clickbank merupakan contoh pay per sale.

Pay Per Lead (PPL)
Pay per lead berarti Anda akan mendapatkan komisi jika Anda berhasil mendapatkan “leads” atau prospek.

Pay per lead biasanya digunakan untuk mencari klien untuk registrasi, memasukkan alamat email ataupun nomor kartu kredit.

Pay Per Install (PPI)
Pay per install merupakan komisi yang akan Anda dapatkan jika software atau aplikasi yang Anda pasarkan atau rekomendasikan diinstall oleh orang.

Ini berlaku untuk aplikasi di komputer ataupun di smartphone meski belakangan PPI lebih dominan ditemukan pada perangkat mobile.

Contoh paling mudah adalah ketika Anda dapat membuka aplikasi Facebook di iOS atau di android dan menemukan iklan untuk install aplikasi ataupun install game, ini merupakan salah satu contoh pay per install.

Pay Per Call (PPC)
Pay per call cukup populer di luar negri tetapi masih jarang bahkan belum ada di Indonesia.

Perbedaan Affiliate Marketing vs Dropshipping

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, affiliate marketing menggantungkan diri sepenuhnya pada teknologi komputasi yang mampu melacak sebuah transaksi.

Modal untuk mempromosikan sebuah produk affilasi hanyalah sebuah link yang bisa di klik. Ketika sebuah link milik marketer (disebut affiliate link) di klik oleh pengunjung, maka akan ada data yang tercatat. Data ini digunakan untuk menghitung komisi apabila terjadi aksi yang diinginkan sesuai dengan jenis program affiliasi yang dipromosikan.

Sistem seperti inilah yang menjadi pembeda paling penting antara affiliate marketing dan dropshipping.

Pada dropshipping, transaksi dilakukan dengan marketer dimana marketer kemudian melakukan pemesanan kepada merchant dan merchant mengirimkan produk kepada konsumen atas nama dropshipper.

Sementara itu, tugas seorang affiliate marketer adalah mempromosikan link, dimana selanjutnya akan langsung diurus oleh merchant, baik dalam hal pembayaran, pengiriman dan layanan purna jual. Bahkan banyak diantara pembeli tidak pernah tahu jika ia membeli melalui link affiliasi.

affiliate marketing vs dropshipping

Demikianlah affiliate marketing sering disebut bisnis dengan pasif income meski istilah ini tidak terlalu tepat.

Daftar Program Affiliate

Di bagian ini saya akan membuat daftar program affiliasi beserta keterangan penting yang wajib Anda ketahui. Seluruh program ini dapat Anda ikuti. Sebagian memerlukan syarat tertentu untuk bergabung, beberapa yang lain relatif mudah Anda melakukan pendaftaran dan diterima sebagai affiliater.

Satu hal yang pasti, semua program affiliasi seharusnya GRATIS untuk join.

Affiliate Program Mandiri Regional dan Internasional

1. Amazon
Negara: USA, Canada, Germany, Perancis, Spanyol, UK, Jepang, dll.
Produk: Toko serba ada. 100.000+ produk fisik.
Komisi: 1-10%
Laman Affiliate: https://affiliate-program.amazon.com/
2. Lazada
Negara: Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, Philipina, Vietnam
Produk: Toko serba ada. 10.000+ produk fisik.
Komisi: 1-10%
Laman Affiliate: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/
3. eBay
Negara: Internasional
Produk: Situs lelang dan penjualan produk.
Komisi: 50-70% dari fee lelang
Laman Affiliate: https://epn.ebay.com/login
4. Agoda
Negara: Internasional
Produk: Situs booking hotel.
Komisi: Hingga 55% dari profit
Laman Affiliate: https://partners.agoda.com/

Affiliate Program & Network Lokal Indonesia

MerchantProdukKomisiLaman daftar affilliate
BlibliToko serba ada. 10.000+ produk fisik.1-10%https://affiliate.blibli.com/affiliates/
Matahari MallToko serba ada. 10.000+ produk fisik.1-10%https://super.mataharimall.com/affiliateaja/
RatakanNetwork produk digitalup to 70%https://www.ratakan.com/afiliasi/
PegipegiSitus booking hotel & pesawatHingga 55% dari profithttp://affiliate.pegipegi.com/
Tiket.comSitus booking hotel & pesawatHingga 60% dari profithttps://www.tiket.com/affiliate
OramiProduk bayi anak5%https://www.orami.co.id/affiliate-program
ZaloraFashionHingga 10%https://www.zalora.co.id/partner/
QwordsWeb hostingvariatifhttps://www.qwords.com/afiliasi/
TipsHamil.comProduk kehamilanRp. 50rbhttp://tipshamil.com/affiliasi.php

Affiliate Network

MerchantOffersKomisiLaman daftar affilliate
ClickbankeBook, layanan digital. Beragam niche kesehatan, dating hingga software.Hingga 80%https://www.clickbank.com/
JVZOODigital productsHingga 90%https://www.jvzoo.com/
ShareasaleRatusan merchant populer dari segala jenis niche.Variatifhttp://www.shareasale.com/
CJRatusan merchant populer dari segala jenis niche.Variatifhttp://www.cj.com/
PeerflyCPAVariatifhttps://peerfly.com/
MaxbountyCPAVariatifhttp://maxbounty.com/
OGAdsMobile Content LockerVariatifhttps://ogads.com/
AdworkmediaCPAVariatifhttps://www.adworkmedia.com/
BizProfitsFree trial, banyak untuk kesehatan dan kecantikan$35-60https://bizprofits.com/

Cara Bisnis Affiliate Marketing

Ada setidaknya 2 hal yang dibutuhkan untuk berbisnis affiliate marketing. Pertama adalah program / network dan yang kedua adalah strategi untuk melakukan promosi dari offer yang tersedia.

Tanpa salah satunya Anda tidak dapat melakukan affiliate marketing. Memiliki akun di Affiliate Network tetapi tidak tahu cara promosi atau tidak memiliki traffic sama saja percuma, dan memiliki traffic tetapi tidak memiliki akun di program affiliasi juga berarti Anda tidak dapat melakukan promosi.

Untuk itulah, langkah pertama untuk memulai affiliate marketing adalah mengetahui terlebih dahulu traffic apa yang akan digunakan dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Darisini, Anda dapat menyesuaikan jenis offer apa yang paling cocok untuk dipromosikan dengan traffic tersebut. Langkah terakhir adalah mendaftarkan diri di program affiliasi yang tersedia.

affiliate marketing skema

Cara mendaftar Affiliate Program

Pada tahap ini, anggap saja Anda telah memiliki traffic (mungkin dari blog, sosial media, dsb) atau rancangan strategi yang akan digunakan untuk melakukan promosi affiliate.

Maka Anda tinggal memerlukan satu langkah untuk bergabung dengan program affiliasi maupun affiliate network. Berikut beberapa catatannya:

  • Cari program affiliasi yang cocok dengan traffic atau strategi yang Anda miliki. Perhatikan asal negara pengunjung, niche dan temperatur traffic (apakah hot, warm atau cool). Anda dapat menemukan informasi offer dari network sebelum memutuskan join secara lengkap di affpaying.com.
  • Jika sudah memahami karakteristik traffic, tentukan program atau network yang akan Anda pilih. Daftarkan diri Anda melalui laman khusus affiliate program. Pada tabel diatas, Anda dapat klik untuk langsung menuju laman yang dimaksud.
  • Perlu diingat rata-rata affiliate program tidak menerima publisher / affiliater / marketer secara sembarangan. Network terkenal malah melakukan seleksi yang terbilang ketat. Tapi jangan khawatir dengan ini. Sebab selama Anda memiliki traffic dan kemampuan berkomunikasi dengan baik, sampaikan saja seluruh informasi yang diminta. Beberapa network akan memerlukan interview langsung via telpon.
  • Setelah diterima di program affiliasi yang Anda inginkan, ambil link dari offer yang Anda inginkan dan mulai lakukan promosi dengan mengirimkan traffic kepada offer tersebut.
  • Selanjutnya, lakukan beragam test untuk menemukan formula yang memberikan konversi paling baik. Test ini sangat penting, terutama jika Anda menggunakan paid traffic agar tidak besar pasak daripada tiang (alias boncos).
  • Langkah terakhir adalah dengan melakukan scale sembari riset kembali offer yang paling menguntungkan untuk traffic yang Anda miliki. Perlu diingat jika setiap network memiliki struktur komisi yang berbeda bahkan untuk offer yang mirip atau sama persis. Dengan menemukan network yang memberikan komisi terbaik, Anda dapat mengoptimalkan penghasilan.

Belajar Affiliate Marketing untuk pemula hingga expert

Ada banyak komunitas di dunia online yang dapat menjadi acuan untuk mempelajari affiliate marketing secara lebih mendalam. Beberapa berbayar dan kebanyakan bersifat Gratis. Sayangnya tidak banyak yang dalam versi bahasa Indonesia sehingga kami pun berniat untuk menghadirkan lebih banyak lagi konten yang membahas tentang affiliate.

Sementara itu,

Berikut beberapa website dan forum yang dapat menjadi rujukan belajar affiliate marketing secara lebih mendalam:

1. Affiliatefix
Forum, penawaran menarik serta komunitas affiliate yang sangat populer.

2. Affpaying
Website penyedia daftar CPA dan affiliate network plus review dari para affiliaternya. Jika Anda ingin mencari rekomendasi network, disinilah tempatnya.

3. CPA Elites
Forum CPA terbesar. Ada banyak sekali referensi belajar CPA serta thread khusus dari setiap network. Disini Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan Account Manager dari network untuk mendapatkan approval atas aplikasi yang Anda ajukan.

4. STM Forum
STM atau StackThatMoney merupakan forum komunitas pemain affiliate (dan CPA) premium yang sangat terkenal. Untuk bergabung, Anda harus membayar biaya sebesar $99 setiap bulan.

5. Affplaybook.com
Forum serta tools affiliate premium. Berbayar $67 per bulan.

6. Afflift.com (baru)
Dibuat oleh Luke Peerfly, Affilift merupakan forum affiliate dan CPA yang usianya relatif baru tetapi berkembang dengan cukup baik. Biaya join lumayan terjangkau, $20 per bulan atau $350 berlaku seumur hidup.

Kesimpulan

Affiliate Marketing adalah sebuah cara serta model berbisnis online yang sangat menarik untuk dipelajari secara seksama.

Meski demikian, kunci utama untuk menjalankannya (juga untuk program pencari uang yang lain) terletak pada Traffic Generation, yakni bagaimana untuk menghadirkan traffic atau pengunjung yang melakukan klik di affiliate link milik kita.

Berbagai jenis traffic memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain sehingga cocok untuk offer-offer tertentu secara spesifik.

Untuk mendapatkan informasi terkini dari affiliate marketing, jangan lupa berlangganan Gaptex via email.

Salam Affiliate!

Leave a Reply