Saturday, April 21, 2018
Marketplace

7 Tips Memilih Marketplace untuk Berjualan Online

Dibandingkan dengan membuat website toko online sendiri, membuat toko di marketplace memang jauh lebih mudah. Anda tidak perlu untuk membeli domain dan hosting untuk memiliki toko online di marketplace.

Pemilik toko hanya perlu mengisi informasi yang diperlukan. Baik itu informasi mengenai produk ataupun informasi mengenai toko atau profil perusahaan.

Semakin banyaknya marketplace di Indonesia menjadikan para penjual lebih mudah dalam melakukan pemasaran terhadap produk-produknya.

Namun, jika Anda juga berniat untuk membuka toko dan memasarkan produk Anda di marketplace, Anda perlu memilih marketplace yang baik yang dapat dipercaya untuk bisnis jangka panjang.

Berikut akan dijelaskan 7 tips memilih marketplace yang perlu untuk Anda perhatikan:

1. Ketahui Latar belakang dan Reputasi Marketplace

Tips yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu latar belakang dan reputasi yang dimiliki oleh sebuah marketplace.

Anda dapat mengetahui informasi ini dengan melihat latar belakang berdirinya marketplace tersebut, review dari para pengguna mengenai sistem kerja, respons dari customer service, manajemen yang diterapkan dan lain sebagainya.

Anda dapat mengetahui informasi-informasi tersebut melalui mesin pencari seperti Google dan dari sumber lainnya.

Hal ini diperlukan untuk menghindari risiko yang akan terjadi kedepannya.

2. Mudah Dihubungi

Marketplace yang baik seharusnya dapat menjadi penghubung antara penjual dan pembeli.

Anda dapat memerhatikan marketplace apakah mencantumkan kontak seperti nomor telepon, alamat email, serta akun media sosial yang dapat dihubungi.

Jika sewaktu-waktu Anda atau pembeli mengalami masalah. Marketplace dapat dihubungi dengan cepat.

3. Sistem Memudahkan Transaksi

Tips selanjutnya dalam memilih marketplace adalah pilihlah marketplace yang memiliki sistem yang memudahkan transaksi.

Anda dapat melihat sistem transaksi ini dari dari cara dan proses pemesanan, sistem pembayaran dan hal lainnya yang terkait dengan transaksi.

Semakin mudah sistem yang diberikan, pembeli akan lebih senang untuk bertransaksi.

4. Pelajari Fitur yang Disediakan

Setiap marketplace memiliki dan menawarkan fitur yang berbeda-beda.

Anda perlu memerhatikan fitur apa saja yang dapat mendukung kesuksesan penjualan Anda. Fokuslah pada fitur yang sesuai dan mendukung penjualan Anda.

5. Prospek Marketplace

Tentunya Anda ingin jika toko Anda memiliki peluang sukses di masa depannya.

Sebenarnya tidak ada yang dapat memastikan masa depan. Tapi Anda dapat mengamati dan mengevaluasi perkembangan marketplace terhadap bisnis online.

Dengan adanya pemahaman mengenai hal ini, Anda akan memiliki kepastian terhadap bisnis yang Anda jalankan di marketplace tersebut.

6. Marketplace yang Ramai

Anda perlu memilih marketplace yang ramai.

Jika Anda menjual produk di marketplace yang ramai, Anda akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pembeli dan respons yang ramai pula.

Ini merupakan salah satu faktor yang akan membantu Anda sukses.

Banyak marketplace yang dapat Anda amati, seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

7. Mengoptimalkan Keamanan

Mengikuti perkembangan zaman, sekarang sudah banyak orang melakukan kejahatan dengan beragam cara. Salah satunya melalui teknologi.

Marketplace harus mampu menghindari hal ini agar tidak diretas oleh hacker. Karena itulah, marketplace harus memiliki IT yang berkualitas untuk menjaga setiap transaksi di marketplace.

Kesimpulan

Sebelum membuka toko online di platform marketplace, Anda perlu menerapkan 7 tips memilih marketplace yang telah  dijelaskan di atas.

Memilih marketplace yang baik merupakan faktor yang penting untuk menentukan kesuksesan Anda dalam berjualan.

Jika Anda menemukan lebih dari satu marketplace yang memiliki kriteria di atas, Anda dapat menjalankan dan memanfaatkannya.

Leave a Reply