Berita

Youtube Go Hadir di Indonesia, Nonton Video Makin Hemat

Setelah dirilis pertama kali di India pada akhir tahun 2016 lalu, akhirnya Youtube Go hadir di Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Fibriyani Elastria selaku Head of Consumer Marketing Google Indonesia, pada acara pembukaan Youtube Pop-Up Space ketiga di Art: New Museum, Gunung Sahari, Jakarta, Senin 19 September 2017 kemarin.

Jika dulu Sobat Gaptex hanya mengunduh atau download video Youtube di Android untuk menghemat kuota internet, maka sekarang Anda tak perlu khawatir berkat adanya Youtube Go. Youtube Go tersebut berupa aplikasi yang dapat di unduh di Google Play Store untuk pengguna Indonesia.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa fungsi dari Youtube Go. Meskipun tampilannya tidak terlalu jauh dari Youtube, namun aplikasi ini bertujuan untuk memaksimalkan performa Youtube di wilayah yang kecepatan internetnya kurang baik. Sementara itu, fungsi utama dari Youtube Go sama seperti aplikasi Youtube standar yaitu untuk streaming video.

Bedanya Youtube Go dilengkapi berbagai fitur tambahan untuk menghemat paket data internet. Contohnya bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow atau seperti file presentasi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa video yang akan ditonton. Lebih menariknya lagi, pengguna dapat mengunduh video yang ada melalui Youtube Go dan menontonnya dilain hari. Fitur ini alhasil akan membuat kuota internet pengguna semakin hemat karena menggunakan data internet sekali saja.

Artikel menarik:  Qualcomm Snapdragon 845 Rilis, Chipset Mobile Terbaik Saat ini!

Selain itu, pengguna juga dapat melihat dan memilih ukuran video yang akan diunduh. Apabila ingin menghemat data, unduh saja video yang ukurannya terkecil, tetapi resikonya yakni resolusi video akan lebih rendah.

Sebelum mengunduh, aplikasi Youtube Go akan memberitahukan seberapa besar kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di smartphone Anda. Kemudian, terdapat pula kemampuan untuk mengirim video yang telah di unduh ke smartphone lain dengan menggunakan Bluetooth. Dengan cara ini, Anda bisa berbagi video tanpa harus menggunakan data internet untuk kedua kalinya.

Youtube Go sendiri merupakan aplikasi inisiatif Google untuk membuat Youtube dapat diakses dimana saja, meskipun di wilayah dengan internet yang tak terlalu baik. Jadi kesimpulannya, Youtube Go adalah kontrol kuota yang diharapkan bisa membantu pengguna untuk menggunakan kuota internet secara efektif.