Berita

Xiaomi Resmi Rilis Mi VR Cardboard

Setelah akhir bulan lalu merilis Xiaomi Mi Notebook Air, vendor Tiongkok itu kini merilis sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses konten-konten virtual reality (VR). Perangkat yang dimaksud bukan berupa Gear VR, melainkan mirip seperti cardboard. Dan perangkat ini oleh Xiaomi diberi nama Mi VR. Harganya diperkirakan hanya ¥ 49 atau sekitar Rp 97 Ribu.

Xiaomi Resmi Rilis Mi VR Cardboard

Mi VR dirancang dari material lycra yang merupakan perpaduan antara nylon dan spandex. Bahan penyusun tersebut membuat Mi VR berbobot ringan sekitar 208,7 gram. Selain itu, desain permukaan Mi VR juga terasa nyaman untuk permukaan kulit jika digunakan dalam waktu lama. Untuk menjaga posisi smartphone di dalam perangkat supaya tidak terjatuh, Xiaomi menggunakan resleting daripada perekat velcro yang umum digunakan di cardboard.

Mi VR memiliki dimensi 201 x 107 x 91 mm. Smartphone yang dapat dipasangkan dengan Mi VR adalah yang memiliki ukuran 4.7 inch hingga 5.7 inch. Pengguna dapat menyesuaikan posisi smartphone karena Mi VR memiliki bukaan di bagian depan. Di samping itu, bukaan ini juga membantu sirkulasi udara yang berperan pula dalam menjaga kestabilan temperatur smartphone, sebab dalam ruang tertutup seperti cardboard, smartphone bisa cepat panas.

Artikel menarik:  Smartwatch ‘Murah’ dari TAG Heuer Seharga Rp 15 Juta?

Mi VR menggunakan aspherical lens atau lensa berbentuk kotak. Seperyi diketahui bahwa aspherical lens mampu meminimalkan distorsi dan menghasilkan penglihatan lebih luas. Lensa tersebut pada Mi VR ini bersifat anti glare dengan toleransi 0.01 mm yang bisa menyesuaikan paparan cahaya sehingga tidak menyilaukan mata. Dengan fitur lensa yang dimiliki Mi VR, Xiaomi menjanjikan tampilan visual yang jernih dan jelas.

Di bagian atas Mi VR, terdapat tombol metal untuk mengontrol smartphone. Sedangkan di bagian dalam, terdapat sejenis bantalan anti slip yang berfungsi mencegah tombol tak sengaja tertekan. Mi VR turut dilengkapi Xiaomi dengan aplikasi VR yang menawarkan film tiga dimensi, video panorama, game, dan aplikasi lain yang didesain untuk Mi VR. Kian menarik, Mi VR dihadirkan dalam berbagai motif menarik, seperti motif bunga dan loreng-loreng.