iPhonePC

Xiaomi Mi Notebook Air Vs Macbook Air

Sesuai dengan rencana, Xiaomi akhirnya menghadirkan laptop perdana Mi Notebook Air dengan harga US$ 750 atau sekitar Rp 9,8 Juta. Seolah ingin menantang Apple, Xiaomi pun menambah kata “air” di belakang nama produk terbarunya untuk menandingi Macbook Air. Seperti yang diperkirakan, desain fisik Xiaomi Mi Notebook Air tampil dengan bodi tipis dan bobot ringan. Namun jika dibandingkan Macbook Air, kedua laptop premium ini tidak sama.

Xiaomi Mi Notebook Air Vs Macbook Air

Mana yang lebih unggul di antara keduanya? Berikut kita akan membahasnya :

1. Dimensi
Xiaomi Mi Notebook Air dan Macbook Air hadir dengan beberapa seri yang berbeda, yaitu seri yang memiliki bentang layar seluas 11 inch dan 13 inch. Meski ukuran layar sama, ternyata bobot dan ketebalannya berbeda. Xiaomi Mi Notebook Air tampil lebih ramping 13 persen daripada Macbook Air. Pada seri layar 13 inch, Xiaomi Mi Notebook Air dirancang dengan ketebalan 14,8 mm. Sedangkan untuk Macbook Air, Apple merancangnya dengan ketebalan 17 mm.

Bagaimana dengan bobotnya? Xiaomi Mi Notebook Air memiliki berat 1,08 kg untuk seri layar 11 inch dan berat 1,28 kg untuk seri layar 13 inch. Sementara itu, Macbook Air beratnya 1,28 kg dan 1,35 kg untuk masing-masing seri laptop. Dengan demikian, laptop Xiaomi lebih tipis dan lebih ringan daripada laptop Apple.

2. Sistem Operasi
Xiaomi Mi Notebook Air menggunakan sistem operasi Windows 10, akan tetapi belum memiliki user interface yang khas seperti desain antarmuka MIUI untuk smartphone keluaran Xiaomi. Untuk membantu pengguna dalam melakukan sinkronisasi data antara laptop dan smartphone, atau sebaliknya, Xiaomi Mi Notebook Air dilengkapi software khusus Mi Cloud Sync.

Macbook Air sebagaimana diketahui menggunakan sistem operasi MacOS X dengan user interface yang khas milik Apple. Tidak jauh berbeda, Macbook Air juga punya software khusus untuk sinkronisasi data antara iPhone dan Macbook, yaitu iCloud. Dalam hal sistem operasi, baik Xiaomi maupun Apple sama-sama membekali fitur canggih pada laptop besutannya.

Artikel menarik:  iPhone 8 dan iPhone X Dipastikan Masuk Indonesia

3. Spesifikasi
Masih menggunakan seri layar 13 inch, Xiaomi Mi Notebook Air didukung oleh prosesor Intel Core i5 generasi keenam (Skylake). Pengolah grafisnya menggunakan kartu Nvidia GeForce 940MX yang menjadikannya lebih stabil ketika dipakai bermain game 3D. Xiaomi Mi Notebook Air juga dilengkapi port USB Type-C seperti halnya Macbook Air, meski belum diketahui lebih lanjut apakah terhubung dengan koneksi Thunderbolt 3 bawaan Intel Core sebagaimana Macbook Air.

Macbook Air juga didukung oleh prosesor Intel Core i5, namun generasi kelima (Broadwell). Pengolah grafisnya sendiri menggunakan kartu Intel HD Graphics 515. Di sini tampak bahwa ketika Xiaomi sudah memakai Nvidia untuk kemampuan grafis, Apple masih mengandalkan Intel. Untuk parameter lainnya seperti RAM dan SSD, baik Xiaomi maupun Apple memberikan dukungan yang sama untuk laptop andalannya, yaitu masing-masing 8 GB dan 256 GB.

4. Harga
Bukan Xiaomi namanya kalau tidak berani dengan harga terjangkau. Vendor asal Tiongkok ini juga memberlakukan hal yang sama untuk Xiaomi Mi Notebook Air dengan membanderolnya di kisaran harga Rp 6,9 Juta untuk seri layar 11 inch dan harga Rp 9,8 Juta untuk seri layar 13 inch.

Sekarang, coba bandingkan dengan Apple yang memberikan harga Rp 14,3 Juta untuk Macbook dengan layar 11 inch dan harga Rp 15,5 Juta untuk yang berlayar 13 inch. Dengan perbandingan tersebut, Xiaomi Mi Notebook Air sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Macbook Air, tergantung preferensi Anda saja.

Semoga bermanfaat!