Xiaomi Mi A1 Meluncur, Android One & Dual Kamera

Setelah menjadi bahan perbincangan selama beberapa minggu, akhirnya Xiaomi Mi A1 meluncur, dengan mengusung Android One dan dual kamera mirip iPhone 7 Plus. Pengumuman hadirnya smartphone ini diadakan pada tanggal 5 September 2017 di Andaz Hotel, New Delhi, India.

Sesuai janji Xiaomi sebelumnya, smartphone seri Mi A1 ini termasuk perangkat flagship mereka yang mengusung kamera ganda dan membawa spesifikasi baru yaitu Android One, hasil kolaborasi dengan Google. Dengan begitu, antarmuka MIUI milik Xiaomi tidak lagi tersemat pada perangkat tersebut karena sistem operasi Android murni dari Google.
Namun, Sobat Gaptex pasti tahu tentang prinsip Xiaomi bukan? Walaupun Xiaomi Mi A1 termasuk perangkat flagship, pabrikan asal China tersebut tidak akan mengklaim perangkat dengan harga yang mahal dan tetap mempertahankan klaim ‘spesifikasi mumpuni’.

Harga Xiaomi Mi A1 dipatok sebesar INR 14,999 atau setara dengan Rp 3,1 jutaan. Harga tersebut bahkan masuk ke harga kelas menengah ke bawah. Padahal jika dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, smartphone ini telah menyematkan beberapa spesifikasi mumpuni layaknya kelas atas. Apa saja spesifikasi tersebut? Mari simak di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1
Menurut Donovan Sung selaku Director Management Xiaomi Global, ada tiga hal utama pada Xiaomi Mi A1 yakni layar, dual kamera, dan full metal body. Casing logam perangkat ini mengusung layar seluas 5,5 inch dengan resolusi Full HD. Selain itu, Xiaomi Mi A1 tersedia dalam tiga pilihan warna seperti black, gold, dan rose gold.
Salah satu keunggulan Xiaomi Mi A1 ialah kamera ganda di bagian belakang. Kedua kamera ini mempunyai kamera beresolusi 12 MP dan konfigurasinya seperti iPhone 7 Plus. Keduanya terdiri kamera dengan bidang pandang lebar dan satu lainnya yaitu tele, untuk efek background blur dan foto portrait.

Artikel menarik:  OnePlus 5T Rilis, Upgrade Display dan Kamera

Sementara itu, Xiaomi Mi A1 dipersenjatai oleh dapur pacu dari chipset 14 nm Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB yang masih dapat diekspansi karena adanya slot microSD. Kemudian, terdapat pula baterai berkapasitas 3.080 mAh dan port yang digunakan sudah bertipe USB Type-C.
Lantas kapan Xiaomi Mi A1 hadir di Indonesia?

Xiaomi memastikan jika smartphone anyar dengan Android One tersebut pasti akan hadir di Tanah Air, namun mereka belum bisa memastikan tanggal pastinya. Donovan Sung hanya memperkirakan sekitar akhir September, Xiaomi Mi A1 sudah ada di Indonesia.