Berita

Xiaomi Merilis Mi Note 3 dalam Versi Lebih Murah

Bukan Xiaomi namanya jika tidak gencar meluncurkan smartphone besutannya ke pasaran global. Setelah bulan September lalu, Xiaomi Mi Note 3 Resmi Meluncur yang sering disebut sebagai Mi 6 versi jumbo. Kali ini, Xiaomi merilis Mi Note 3 dalam versi lebih murah jika dibandingkan dengan harga Mi Note 3 yang aslinya. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut hadir dengan RAM lebih kecil yaitu 4 GB.

Saat diluncurkan, Xiaomi Mi Note 3 tersedia dalam dua pilihan memori yaitu 6 GB RAM, ROM 64 GB dan RAM 6 GB, ROM 128 GB. Tak lama setelah peluncuran, Xiaomi mengumumkan harga dari smartphone tersebut, yang mana varian 64 GB seharga Rp 4,6 jutaan. Sedangkan untuk varian 128 GB dibanderol Rp 5,4 jutaan. Namun rupanya Xiaomi seolah mengerti permintaan pasar yang menginginkan versi lebih murah dari Mi Note 3, sehingga perusahaan asal China ini merilis varian Mi Note 3 yang lebih murah agar bisa dijangkau oleh pasar segmen kelas menengah.

Varian anyar tersebut mengusung RAM sebesar 4 GB yang tentu saja lebih kecil dari varian sebelumnya. Sedangkan untuk penyimpanan internal, varian baru Mi Note 3 ini mempunyai kapasitas memori internal sebesar 64 GB seperti model basic terdahulu. Untuk harganya sendiri, Mi Note 3 terbaru akan dihargai sebesar $301 atau sekitar Rp 4 jutaan dan mulai dijual di pasar Tiongkok pada tanggal 23 November mendatang dengan pilihan warna biru.

Perlu diketahui bahwa hanya spesifikasi RAM yang berbeda. Untuk spesifikasi lainnya tidak ada yang berbeda dengan dua versi Xiaomi Mi Note 3 sebelumnya. Perangkat ini masih menggunakan prosesor Snapdragon 660 CPU, layar 5,5 inch, dan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Selain itu, Mi Note 3 dibekali kamera ganda dengan setup 12 MP (normal) dan 12 MP (telephoto) di bagian belakangnya, sedangkan kamera depannya tersedia sensor 16 MP untuk aktivitas selfie bebas noise yang didukung oleh algoritma Al Beautify.

Artikel menarik:  iPhone 8 dan iPhone X Dipastikan Masuk Indonesia

Dari segi desain, Xiaomi Mi Note 3 hampir serupa dengan Mi 6. Selain itu, perangkat ini juga tidak lagi menerapkan layar melengkung dan penempatan kamera belakang terlihat sama persis dengan Mi 6. Mi Note 3 menggunakan bingkai paduan aluminium seri 7 dengan tekstur matte, sehingga terasa nyaman di pegangan tangan.

Xiaomi Mi Note 3 memiliki layar lebar 5,5 inci sehingga lebih besar dari Mi 6 yang memiliki layar 5,15 inci. Layar lebar ini didukung oleh resolusi Full HD 1080 pixel yang dilapisi kaca 2.5D di atasnya. Ada juga sistem keamanan pengenal wajah yang aman. Penggunaan sistem keamanan ini diklaim jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan sidik jari. Karena itu, pengguna tidak perlu menekan tombol tertentu untuk membuka perangkat, sehingga langsung menghadap ke wajah ke kamera.