Xiaomi Konfirmasi MIUI 9, Simak Kecanggihan Fitur Didalamnya

Pada bulan Juli 2017 lalu, Xiaomi merilis Sistem UI terbarunya yaitu MIUI 9 di sebuah acara di Beijing China. Namun beberapa bulan kemudian, Xiaomi secara resmi meluncurkan UI teranyar tersebut dalam sebuah acara peluncuran di India, dimana bukan hanya kehadiran duo smartphone selfie centric Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite saja, tapi juga Xiaomi konfirmasi MIUI 9, beserta daftar perangkat yang akan kebagian update.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, MIUI dari Xiaomi memang termasuk dalam daftar 9 user interface terbaik untuk Android, sehingga banyak yang mengatakan jika MIUI 9 memiliki fitur-fitur canggih dan menarik lainnya karena membawa berbagai pembaruan dari versi sebelumnya. Selain itu, Xiaomi juga mengklaim bahwa performa dari MIUI 9 setara dengan Stock Android.

Sayangnya, walaupun MIUI 9 bisa dikatakan setara dengan Stock Android, tapi perlu diingat bahwa banyaknya smartphone saat ini yang mulai mendapatkan upgrade OS ke Android 8.0 Oreo, sedangkan MIUI 9 masih menggunakan basis dari Android Nougat. Berikut ini daftar smartphone Xiaomi yang kebagian MIUI 9 Global:
– Xiaomi Mi Note 3, Mi Note 2, Mi Note
– Xiaomi Mi MIX 2, Mi MIX
– Xiaomi Mi Max 2, Mi Max Prime, Mi Max
– Xiaomi Mi 6, Mi 5, Mi 5S Plus, Mi 5S, Mi 5, Mi 4, Mi 4i, Mi 3, Mi 2
– Xiaomi Redmi Y1, Redmi Y1 Lite
– Xiaomi Redmi 4, Redmi 4X, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 3S Prime, Redmi 3S, Redmi 3, Redmi 2 Prime, Redmi 2
– Xiaomi Redmi Note 5A, Redmi Note 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 3, Redmi Note 2, Redmi Note 4G Prime, Redmi Note 4G

Dari semua smartphone yang disebutkan di atas, Xiaomi Mi MIX 2, Mi MAX 2, dan Redmi Note 3 akan menerima MIUI 9 pada tanggal 3 November, sedangkan perangkat lainnya akan mendapat update di akhir bulan November ini.

Fitur MIUI 9
Dari sekian banyak fitur baru yang diusungnya, terdapat tiga fitur yang sangat mencolok pada MIUI 9 yaitu Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher. Kemudian, beberapa fitur lainnya hanyalah berupa pembaruan dari fitur yang telah ada pada MIUI 8. Tetapi semua fitur tersebut tentunya ditujukan untuk lebih memudahkan pengguna dalam menjalankan perangkat MIUI 9 miliknya. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa fitur canggih dari MIUI 9 berikut ini:

1. Image Search
Image Search menjadi salah satu fitur baru yang ada pada MIUI 9, berupa pencarian foto atau gambar. Fitur ini juga bisa memfilter foto sesuai dengan keyword yang dimasukkan dalam kolom pencarian. Misalnya Anda mencari kata “selfie”, maka smartphone akan mengambil foto dari galeri yang diambil memakai kamera depan. Selain itu, jika Anda mengetik keyword “book”, maka akan tampil beberapa gambar buku-buku. Anda pun bisa mencari foto menurut lokasi, acara, ekspresi, dokumen, dan foto screenshot. Cukup mudah bukan?

Artikel menarik:  Pengertian Linux Mint

2. Smart Assistant
Fitur Smart Assistant besutan Xiaomi ini ialah fitur MIUI 9 terbaru yang berguna untuk perintah text. Anda cukup menuliskan perintah text yang diinginkan, kemudian Anda akan mendapat semua yang diinginkan pada smartphone, misalnya catatan, jadwal, foto, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, walaupun fitur ini hampir mirip dengan Google Assistant dan Sirri, Smart Assistant Xiaomi masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

3. Smart App Launcher
Fitur baru lainnya pada MIUI 9 ialah Smart App Launcher yang memudahkan Sobat Gaptex untuk membuka aplikasi tertentu sesuai dengan konten yang terdapat pada layar. Contohnya, Anda sedang membaca dokumen atau membuka tentang penyimpanan, maka smartphone akan merekomendasikan aplikasi yang sesuai di bagian bawah layar, yakni Google Drive maupun aplikasi lainnya.

Fitur ini hampir mirip dengan Google Now on Tap dan Smart Text Selection di Android Oreo. Smart App Launcher akan menganalisis secara otomatis isi pada layar smartphone dan menyediakan informasi yang sesuai kepada pengguna. Jadi, misalnya ada nomor telepon, fitur ini akan menampilkan opsi panggilan telepon, dan masih banyak lagi kegunaannya.

4. Split Screen Multitasking
Fitur ini akan memudahkan pengguna Xiaomi untuk bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Pastinya fitur multi window ini akan sangat berguna dan maksimal pada smartphone layar besar. Untuk menjalankan fitur ini, Anda hanya perlu menekan tombol “Recent”, lalu tekan tombol “Split Screen Mode” di sebelah kanan atas layar. Setelah tu, Anda bisa melihat dua aplikasi yang berjalan dalam satu layar bersama.

5. Optimalisasi Sumber Daya Sistem
Fitur ini akan membuat perangkat Xiaomi anti lag karena akan meningkatkan responsif, kecepatan, dan performa dengan mentandemkan fitur machine learning. Alokasi sumber daya yang dinamis akan mengutamakan beberapa aplikasi yang membutuhkan daya lebih. Oleh karena itu, Anda tidak akan lagi merasakan lag bahkan akan mendapatkan pengalaman pengguna yang smooth dan lancar.

6. Notification and Quick Reply
Fitur Notification ini mampu menyaring beberapa notifikasi yang tak penting dan mengganggu, sehingga perangkat akan mempelajari secara otomatis perilaku pengguna dan menentukan tingkat prioritas notifikasi yang diterima. Cara kerja fitur ini ialah dengan mengelompokkan notifikasi yang tidak penting dalam satu pemberitahuan khusus, lalu dinonaktifkan.

Sedangkan fitur Quick Reply sendiri ialah berguna untuk membalas pesan langsung dari notifikasi tanpa perlu masuk ke aplikasi langsung atau membuka kunci layar untuk membalasnya. Caranya yaitu dengan menggunakan dua jari untuk menarik opsi “Sent Reply” pada panel.