Windows 8.1 : OS Versi Upgrade Teranyar Sarat Fitur

Persis hari Jumat (18/10/2013), akhirnya Windows perwakilan Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran OS versi upgrade terbaru Windows 8.1 yang menyempurnakan Windows 8 yang rilis hampir setahun lewat, tepatnya 1 Agustus 2012. Pengumuman resmi di dalam negri tak terpaut jauh waktunya dengan yang terjadi di Amerika Serikat. Dengan demikian, seluruh pengguna Windows 8 dapat melakukan upgrade ke versi 8.1 secara gratis.

penampakan windows 8.1

Kelebihan Windows 8.1 dibandingkan versi pendahulunya Windows 8
Windows 8.1 diklaim memiliki berbagai macam perbaikan dan fitur yang jauh lebih sempurna dibandingkan versi pendahulunya. Dari sekian banyak perubahan yang terdapat pada versi anyar, 2 hal yang paling mencolok adalah hadirnya kembali tombol start yang tidak terdapat dalam versi 8 dan interface yang jauh lebih nyaman untuk dikustomisasi pengguna.

Fitur-fitur terbaru Windows 8.1
Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam WIndows 8.1 :
1. Tombol Start – hanya berfungsi menggantikan tombol start fisik agar pengguna dapat dengan mudah kembali ke tampilan start screen saat berada dalam mode desktop.
2. Lebih Hemat Hardisk – Windows 8.1 diklaim lebih hemat space sekitar 8-15% dibandingkan versi 8.
3. Lebih kencang – Tentu saja versi teranyar akan lebih smooth dan ringan.
4. Lock Screen Lebih Dinamis
5. Kustomisasi live tile pada start screen

Artikel berhubungan:  Blaupunkt Rilis Tiga Ponsel Anyar Andalkan Kemampuan Audio

Cara Upgrade
Bagi Anda pengguna Windows 8 resmi, seluruh upgrade ke versi 8.1 adalah gratis. Caranya adalah melalui menu Windows Update yang terdapat pada menu Windows Anda. Cara lain adalah melalui Microsoft Store dengan masuk ke menu Charms > Setting > klik ‘Your Account’ –> sign in. Disana, Anda tinggal memilih menu ‘Update to WIndows 8.1 for free’

Perlu dipastikan bahwa terdapat ruang kosong setidaknya 3-4 GB pada hardisk Anda untuk mengunduh versi 8.1. Adapun spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk Windows 8.1 adalah sbb :
Prosesor 1 GHz
RAM 1 GB untuk versi 32 bit / 2 GB untuk 64 bit
Kartu grafis VGA yang mendukung DirectX 9

Harga Resmi
Khusus pengguna Windows 7, Anda bisa melakukan upgrade ke Windows 8.1 dengan megeluarkan kocek sekitar $119.99 untuk versi Home dan $199.99 untuk versi Pro. Pembelian dapat dilakukan secara langsung melalui layanan Upgrade Assistant Microsoft.

Video Resmi

So, Anda tertarik menggunakan WIndows 8.1?