Wimax : Alternatif Koneksi Internet Nan Kencang

Mungkin tidak banyak dari pengguna internet di tanah air yang pernah mendengar mengenai Wimax. Padahal, Wimax termasuk dalam salah satu generasi internet broadband yang cukup anyar. Kemampuannya pun tak main-main sehingga bisa disejajarkan dengan 4G LTE yang baru saja dilaunching.

Meski demikian, kehadiran Wimax di Indonesia terkesan seperti kerupuk yang melempem. Setelah lama ditunggu-tunggu, Wimax yang dianggap terlalu lama muncul seolah kehilangan momentum sehingga sampai saat ini pun belum mendapatkan jumlah pelanggan yang signifikan.

pengertian wimax

Pengertian Wimax
WIMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi Broadband pita lebar sebelumnya dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi. Wimax terdiri dari 2 jenis, yaitu Fixed WiMAX dengan standar IEEE 802.16d dan Mobile WiMAX dengan standar IEEE 802.16e.

Spesifikasi Wimax
Fixed WiMAX = kecepatan transfer data sampai 75 Mbps dengan jangkauan hingga 50 km.
Mobile WiMAX = kecepatan transfer data hingga 15 Mbps dengan jangkauan 20-50 km.

Wimax Sebagai Alternatif
Di Indonesia, Wimax /baru dikomersilkan oleh 2 perusahaan meski sebetulnya terdapat 5 pemenang tender yang bisa menjual Wimax. Kedua provider tersebut adalah FirstMedia yang bermain di Jabodetabek melalui Sitra Wimax dan Wigo yang bermain di Medan, Balikpapan, Batam, Denpasar, Makassar, Pekanbaru, Palembang, dan Pontianak.

Wimax yang cepat dan efisien karena menggunakan modem wireless tanpa kabel dapat menjadi alternatif koneksi internet yang handal di perumahan dan kantor. Pilihan kuota dan harga yang ditawarkan pun cukup bersaing dengan koneksi internet lainnya seperti Speedy yang paling banyak digunakan. Belum lagi beberapa promo yang bisa Anda dapatkan mengingat Wimax yang kurang populer dimana mereka akan berjuang mendapatkan pelanggan.

Kecepatan dan kestabilan koneksi yang diberikan Wimax bisa dikatakan jauh lebih bagus dari DSL yang diusung oleh Telkom Speedy. Jika dibandingkan dengan koneksi internet dari operator seluler menggunakan modem, jelas wimax akan menang dari sisi mana pun.

Kesimpulan
Wimax diprediksikan tidak akan meledak dan bisa saja redup dalam beberapa tahun ke depan, terlebih setelah LTE dikomersialkan secara luas pada tahun 2014. Namun begitu, sebagai sebuah alternatif koneksi internet, Wimax adalah teknologi yang luar biasa sehingga Anda paling tidak harus menikmati kecepatannya.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part