Berita

WhatsApp Business Resmi Tersedia di Indonesia

Pada akhir tahun 2017 lalu, WhatsApp memperkenalkan layanan terbarunya yang bertajuk WhatsApp Business. Kini ketersediannya pun mulai menyebar di sejumlah negara seperti Italia, Inggris, Meksiko, Amerika Serikat, dan Indonesia. Aplikasi WhatsApp Business sudah bisa diunduh di Google Play Store, dimana ukuran filenya sebesar 20 MB. Hingga saat ini, aplikasi tersebut telah diunduh oleh pengguna Android dunia sebanyak lebih 100 ribu kali.

Seperti yang kita tahu, WhatsApp dan centang biru-nya sudah banyak mengeluarkan fitur dan layanan terbaru. Namun yang paling anyar saat ini ialah WhatsApp Business. Apakah itu? WhatsApp Business merupakan aplikasi Android yang bisa diunduh secara gratis, dan dirancang khusus untuk pemilik bisnis kecil. Dengan bantuan aplikasi ini, para pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggannya secara mudah berkat fitur-fitur yang mengotomisasi, menyortir, serta merespons pesan secara cepat.

Sesuai namanya, WhatsApp Business dibuat untuk pengguna yang ingin memanfaatkan WhatsApp demi keuntungan bisnisnya. Dalam artian sesungguhnya, WhatsApp Business akan berfungsi sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan konsumen. Di satu sisi, WhatsApp Business akan menjadi platform layanan pelanggan untuk bisnis.

Sejumlah keunggulan WhatsApp tertanam dalam versi bisnis ini tidak akan ditemui di versi regular. Yang pertama yaitu Anda bisa mendaftarkan nomor telepon fixed line di aplikasi WhatsApp Business. Sedangkan di versi biasa hanya nomor ponsel yang bisa digunakan.

Namun, WhatsApp tidak akan sembarang menerima nomor telepon fixed line yang terdaftar. Nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa nomor terdaftar milik bisnis terkait. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa satu nomor telepon mewakili bisnis tertentu. Jadi tidak ada duplikasi nomor telepon bisnis. Sebagai bukti verifikasi, WhatsApp Business akan menanamkan centang hijau pada nama bisnis pengguna.

Artikel menarik:  Performa Lebih Kencang, Oppo A83 Kalahkan Oppo F5

Keunggulan lain WhatsApp Business adalah pengguna bisa menjawab percakapan menggunakan fitur balasan teks. Dengan begitu setiap pesan itu sengaja bisa langsung ditanggapi. Pengguna juga bisa menjadwalkan teks balasan. Misalnya, bila ada konsumen yang mengirim pesan di luar jam operasional, balasan teks akan menjawab sehingga konsumen kembali menghubungi besok.

WhatsApp Business juga menawarkan semacam laporan statistik. Dari situlah pengguna akan mendapatkan informasi berapa banyak pesan masuk, atau berapa banyak konsumen yang ‘berkunjung’ setiap hari. Selain itu, sebagai pembeda logo Bisnis WhatsApp menggunakan huruf B di tengah. Sementara di versi regular, WhatsApp menyematkan ikon ponsel.

Bagaimana? Apakah Sobat tertarik untuk mengunduh WhatsApp Business? Bagi Anda yang baru akan mengunduhnya, pastikan aplikasi tersebut asli dirilis oleh perusahaan WhatsApp Inc. pasalnya, saat ini banyak beredar sejumlah WhatsApp Business KW yang berupaya mengelabui pengguna. Hati-hati, jangan sampai tertipu!