Waspada Dengan Paket Internet Mobile Murah

Era perang untuk merebut hari konsumen yang teramat gila untuk paket internet antar operator seluler yang ada di Indonesia sesungguhnya harus disiati oleh pengguna. Alasan perang tarif sangat sederhana, bahwa hari ini hampir semua pengguna smartphone membutuhkan koneksi internet mobile yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus menggantungkan diri pada koneksi via hotspot yang masih terbatas.

Tentu saja, tak semua paket bagus dan sehebat yang diiklankan. Jika Anda tak jeli, bukan penghematan yang didapat. Bisa-bisa,koneksi yang tidak sesuai dengan profile Anda sebagai pengguna malah membuat pusing kepala tujuh keliling yang justru membuat Anda rugi waktu atau bahkan perasaan.

waspada internet

Jika jeli, Anda seharusnya melihat tanda bintang yang pada umumnya melekat pada paket internet. Tanda bintang yang terkadang ukurannya teramat kecil itulah yang berisikan syarat dan ketentuan sebuah paket. Bahwa paket tersebut tak sesuai dengan yang Anda bayangkan dan terlalu nampak ‘too good too be true‘.

Asumsi ‘ada harga ada rupa’ memang tak sepenuhnya berlaku dalam hal pemilihan operator dan paket internet. Dengan memperhatikan profile penggunaan internet, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan paket internet murah meriah yang dapat diandalkan.

Berikut beberapa hal seputar pemilihan paket internet mobile :

1. Perhatikan jam pemakaian. Paket dengan kuota yang super besar dengan harga ‘kurang masuk akal’ patut dicurigai memliki syarat ini, Koneksi internet hanya dapat digunakan pada jam tertentu saja, biasanya pada jam-jam yang tidak sibuk seperti lewat tengah malam hingga pukul 6 pagi. Jika Anda pengguna ‘kalong’ yang memang suka begadang sambil berinternet ria, tentu saja paket seperti inilah yang harus Anda pilih. Anda akan menghemat pengeluaran internet bulanan.

Artikel berhubungan:  3 Aplikasi Desain Rumah Terbaik Gratis [Software & Web Based]

2. Perhatikan jenis koneksi jaringan. Belakngan, beberapa paket internet yang lebih murah biasanya mensyaratkan koneksi mobile yang dapat digunakan. Terkadang koneksi hanya dapat digunakan untuk jaringan 3G saja, yang berarti Anda tidak akan bisa menggunakannya jika sinyal sedang buruk. Bagi Anda yang suka berpergian atau memiliki jaringan sinyal yang buruk di area rumah atau tempat dimana Anda sering menghabiskan waktu, koneksi semacam ini dijamin akan membuat Anda stres. Sebabnya, kekuatan sinyal yang sering berubah-ubah akan membuat koneksi putus nyambung dan tidak stabil.

3. Perhatikan kuota. Selain no 1 dan 2 diatas, beberapa jenis kuota akan memberlakukan berbagai macam peraturan, termasuk di dalamnya untuk kuota unlimited. istilah unlimited sendiri sebenarnya tidak terlalu pas digunakan karena kenyataannya semua jaringan internet pasti limited. Perhatikan penurunan koneksi setelah mencapai kuota tertentu yang tercantum dalam paket.

4. Perhatikan sinyal dan track record operator. Operator yang paling baik dipilih adalah operator yang sinyalnya paling kuat di area tempat Anda akan sering menggunakannya. Selain itu, meski hampir seluruh operator yang ada di Indonesia memiliki feedback yang buruk dari konsumen (baca di surat kabar, surat pembaca, keluhan konsumen, dsb), Anda harus menghindari operator dengan track record yang paling buruk.

Semoga bermanfaat.