Tips & Trik

Wariskan Akun Facebook Anda Sebelum Terlambat!

People are silhouetted as they pose with laptops in front of a screen projected with a Facebook logo, in this picture illustration taken in Zenica October 29, 2014. Facebook Inc warned on Tuesday of a dramatic increase in spending in 2015 and projected a slowdown in revenue growth this quarter, slicing a tenth off its market value. Facebook shares fell 7.7 percent in premarket trading the day after the social network announced an increase in spending in 2015 and projected a slowdown in revenue growth this quarter. REUTERS/Dado Ruvic (BOSNIA AND HERZEGOVINABUSINESS LOGO - Tags: BUSINESS SCIENCE TECHNOLOGY LOGO TPX IMAGES OF THE DAY)

Di zaman teknologi yang semakin pesat, bukan hanya harta saja yang bisa diwariskan, melainkan juga media sosial seperti Facebook. Beberapa waktu lalu, raksasa sosmed ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk mewariskan akun yang dimilikinya. Oleh karena itu, wariskan akun Facebook Anda sebelum terlambat karena kita tidak tahu nantinya akun tersebut dipergunakan oleh orang yang salah setelah Anda tiada.

Siapa yang tidak tahu dengan Facebook? Sosial media yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 ini masih eksis sampai sekarang dengan jumlah pengguna yang kian bertambah tiap tahunnya. Berkat Facebook, Anda dapat berbagi pesan dan kesan, foto, video, dan masih banyak lagi kepada keluarga atau rekan kerja. Bahkan Anda bisa mendapatkan uang dari Facebook sehingga tak heran jika Facebook masih bertahan sampai detik ini.

Fitur warisan tersebut sering disebut dengan fitur legacy contact, dimana ahli waris diberi izin untuk mengelola akun Facebook dari orang terdekat yang meninggal dunia. Fitur ini memang sengaja diperuntukkan dengan alasan akun Facebook dapat menjadi alat kenangan hidup, pengalaman, dan pertemanan dari penggunanya.

Setelah akun Facebook diwariskan, maka orang yang ditunjuk mampu memposting informasi, menerima pertemanan baru, atau bahkan mengupdate foto dari akun tersebut. Bukan hanya itu, ahli waris juga mendapatkan izin untuk mengarsip foto-foto, postingan, dan informasi profil yang tersebar di Facebook.

Terkait hal itu, ahli waris benar-benar bisa mengelola akun seseorang setelah Facebook mengonfirmasi bahwa pemilik Facebook yang asli telah meninggal. Setelah akun seseorang yang sudah tiada itu di ambil ahli waris mereka, Facebook akan menambahkan kata “Remembering” di atas nama pengguna asli yang sudah meninggal tersebut.

Namun, jika Anda tidak ingin mewariskan akun Facebook Anda kepada orang lain, Anda dapat meminta Facebook untuk menghapus akun secara permanen, sehingga teman-teman Anda tidak akan bisa menemukan akun tersebut.

Tentang Akun Kenangan
Bagi pengguna Facebook yang sudah tiada, maka akun Facebook-nya disebut dengan akun kenangan. Akun kenangan ialah tempat bagi teman atau keluarga berkumpul dengan membagikan kenangan setelah seseorang meninggal dunia. Akun kenangan mempunyai fitur utama berikut ini:
– Tidak ada seorang pun yang bisa masuk ke akun kenangan
– Akun kenangan yang diatur tidak mempunyai kontak pewaris tidak bisa diubah
– Kata “Mengenang” akan tampil di samping nama orang tersebut di profilnya
– Ergantung pada pengaturan privasi akun, teman lainnya bisa membagikan kenangan di kronologi akun almarhum
– Konten yang dbagikan seperti foto atau kiriman tetap ada di profil Facebook dan bisa dilihat oleh pemirsa yang ditentukan semula
– Akun kenangan tidak akan muncul di ruang publik, misalnya dalam saran di “Orang yang mungkin Anda Kenal”, pengingat ulang tahun, atau iklan
– Halaman dengan ahli waris yang akunnya dijadikan kenangan akan dihapus dari Facebook, apabila perusahaan menerima permintaan yang valid

Tentang Kontak Pewaris
Apabila Anda seorang kontak pewaris akun kenangan, Anda bisa mengelola akun yang dikenang dan akan memiliki opsi untuk melakukan hal-hal seperti:
– Menulis kiriman yang disematkan pada profil akun kenangan, contohnya untuk membagikan pesan terakhir atas nama orang meninggal yang Anda cintai ataupun menyediakan informasi tentang upacara pemakaman.
– Memperbarui foto profil dan foto sampul
– Merespon permintaan pertemanan baru

Namun ternyata kontak pewaris juga tidak bisa melakukan hal-hal seperti:
– Masuk akun kenangan
– Menghapus teman
– Menghapus dan mengubah foto lama, kiriman, dan koleksi foto yang dibagikan di kronologi
– Membaca pesan yang mereka kirimkan ke teman lain

Cara Menambah Kontak Pewaris Facebook
– Login ke akun Facebook Anda
– Jika sudah, silahkan masuk ke Settings > Security
– Carilah tulisan “Kontak Pewaris”
– Silahkan klik Sunting di menu pilihan tersebut
– Anda bisa mengisi kontak pewaris dengan nama akun Facebook yang berkaitan dengan keluarga atau sahabat
– Apabila sudah, klik Tambahkan dan Tutup

Cara Mengelola Profil Kenangan di Facebook
Jika Anda ialah kontak pewaris akun kenangan, begini caranya untuk mengelola profil kenangan tersebut:
– Buka profil yang sudah dijadikan kenangan
– Di bagian kanan bawah foto sampul, klik Kelola
– Selanjutnya, gunakan menu di sebelah kiri untuk menambahkan kiriman yang disematkan, mengubah foto profil atau foto sampul, serta menanggapi pertemanan baru

Selain itu, Anda juga bisa meminta untuk menghapus akun kenangan yang Anda kelola. Namun untuk melakukan ini, Anda akan diminta untuk mengisi formulir khusus agar Facebook segera menghapus akun tersebut.

Bagaimana Facebook Tahu Jika Pengguna Sudah Meninggal?
Facebook tidak bisa mengetahuinya, tapi orang lain bisa. Dengan harapan tinggi pada orang yang peduli dengan Anda dapat melaporkan kepergian Anda di halaman ini hanya dengan melaporkan nama orang yang meninggal, tanggal kematian, dan bukti kematian (surat kematian, foto, dll).