Wah, eBay Ceraikan PayPal

Setelah belasan tahun bernaung dibawah payung eBay akibat akuisisi yang terjadi di tahun 2002 silam, dalam waktu dekat dikabarkan layanan pembayaran online paling terkenal Paypal akan segera dilepas. Paypal tidak dijual, melainkan dipisahkan menjadi perusahaan mandiri yang pastinya berdiri sendiri. Istilah kerennya “spin off”.

eBay Ceraikan PayPal

Alasan dibalik “spin off” tersebut disebutkan adalah karena eBay ingin agar PayPal lebih kompetitif di masa mendatang mengingat pertumbuhan transaksi online yang tak lagi bisa dibendung. Saat ini Paypal relatif sudah memiliki beberapa saingan cukup ‘berat’, seperti Payoneer, Payza, PerfectMoney, Neteller dan lain sebagainya.

Pemisahan PayPal ini dipercaya akan membuat system pembayaran itu dapat lebih terbuka serta bisa memperluas pangsa. Dengan memisahkan PayPal, bisnis pembayaran elektronis bakal maju. Sedang eBay sendiri, bakal lebih konsentrasi dan bergerak lebih cepat menangkap kesempatan yang ada.

Wacana pemisahan ini sesungguhnya telah merebak sejak 2008 saat eBay mengambil keputusan menjual Skype. Banyak analis memperkirakan dilepasnya PayPal membuka peluang akuisisi akan terjadi pada layanan ini dari perusahaan tehnologi yang lain. Bahkan, akuisisi dapat juga berlangsung terhadap eBay yang mempunyai kapitalisasi pasar USD 65,36 miliar.

Sampai kini usaha pembayaran di eBay berkontribusi 40% untuk keseluruhan pendapatan. Pendapatan dari unit marketplaces serta enterprise naik 10% jadi USD 9,9 miliar sepanjang empat kuartal terakhir. Sedang pendapatan PayPal naik 19% jadi USD 7,2 miliar selama empat kuartal terakhir.

Mudah2an keputusan ini juga membawa dampak yang baik bagi Indonesia, khususnya para pengguna Paypal.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part