Berita

Update Marshmallow di Xperia Z5 Bermasalah?

Biasanya merupakan hal yang menyenangkan dan menangkan jika perangkat ponsel cerdas kita telah mendapat pembaruan sistem operasi versi terbaru. Selain mendapatkan fitur-fitur andalan baru, kita juga mengurangi resiko kerentanan keamanan yang ada pada sistem operasi versi lama. Meski begitu, rupanya tidak selalu demikian yang terjadi. Baru-baru ini, para pengguna Sony Xperia Z5 mengeluhkan update Android Marshmallow yang bermasalah.

Update Marshmallow di Xperia Z5 Bermasalah

Jika Anda pengguna Sony Xperia Z5 dan baru hendak melakukan pembaruan sistem operasi, mungkin Anda perlu sedikit berhati-hati, terutama bila Anda sudah melihat halaman online support Sony mengenai versi pembaruan tersebut. Disana, Anda bisa melihat komentar-komentar para pengguna yang kesal karena perangkat mereka ‘rusak’ paska update ke Android Marshmallow.

Rusak disini bukan berarti perangkat jadi mati total, kok. Hanya saja, setelah instalasi Android Marshmallow, banyak pengguna yang mendapatkan pesan error yang mengatakan “Google Play Store has stopped working”. Lebih lanjut, para pengguna tersebut juga tidak dapat membuka aplikasi Google Play Store serta aplikasi-aplikasi tertentu yang berintegrasi dengan Google Play Store. Performa perangkat Sony Xperia Z5 mereka pun sedikit terdampak oleh masalah ini.

Artikel menarik:  Evercoss U60, Smartphone Full Screen Rp 1 Jutaan

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Sony mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna perlu melakukan factory reset terhadap perangkat. Sebagian pengguna mengatakan bahwa cara ini berhasil mengatasi masalah, tetapi sebagian lain mengatakan bahwa cara ini tidak bekerja. Ngomong-ngomong, jika Anda mengalami masalah yang serupa, sebelum Anda melakukan factory reset, pastikan Anda telah melakukan backup data penting, ya!

Jika Anda baru hendak melakukan pembaruan tetapi khawatir akan mengalami masalah yang sama, maka Anda bisa mencoba melakukan sinkronisasi perangkat Sony Xperia Z5 Anda ke PC melalui aplikasi PC Companion terlebih dahulu. Di sana, Anda bisa melakukan backup lebih dulu untuk berjaga-jaga apabila nanti Anda perlu melakukan factory reset, dan kemudian baru melakukan update ke Android Marshmallow. Dari sana pula, Anda juga masih dapat mengakses Google Play Store.