Update iOS 9.3 Bermasalah, Sebabkan Banyak Aplikasi Tak Berfungsi

Kemarin, update Android Marshmallow di Sony Xperia Z mengalami masalah. Entah karena sedang trend atau bagaimana, kini Apple turut mengalami masalah pada pembaruan sistem operasi gadget mereka. Dirilis minggu lalu, pembaruan iOS 9.3 sebabkan berbagai aplikasi di perangkat menjadi tak berfungsi.

Update iOS 9.3 Bermasalah, Sebabkan Banyak Aplikasi Tak Berfungsi

Sejak dirilis dengan cukup lancar minggu lalu, mula-mula pembaruan iOS 9.3 menyebabkan beberapa perangkat model lama mengalami kerusakan. Apple cepat-cepat melakukan perbaikan guna mengatasi isu tersebut. Namun, kini ada masalah lain yang menyebabkan para pengguna iPhone dan iPad berang. Berbagai aplikasi di perangkat mereka, termasuk browser Safari, Mail, Messages, dan Notes, jadi tidak bisa bekerja dengan benar paska pembaruan.

Komplain dari para pengguna mengatakan bahwa ketika mereka melakukan tap atau menekan lama di suatu hyperlink, Safari menjadi freeze dan not responding, terkadang hingga tertutup sendiri. Bug ini tidak hanya terjadi di Safari, tetapi juga di Mail, Messages, Notes, dan aplikasi media sosial. Anehnya, perangkat yang tidak terdampak bug ini bisa turut menjadi korban bila menginstal aplikasi-aplikasi tertentu.

Melakukan restart perangkat atau force close terhadap aplikasi yang bermasalah tidaklah membantu. Beberapa pihak mengatakan bahwa masalah ini disebabkan oleh fitur baru di iOS 9.3, universal link, dan bisa diatasi sementara waktu dengan mematikan JavaScript di Safari (buka Settings > Safari > Advanced). Meski begitu, solusi tersebut tidak bekerja di semua perangkat, dan tentu saja merusak user experience ketika berselancar di dunia maya, sebab JavaScript merupakan komponen yang penting dalam menampilkan halaman web.

Artikel berhubungan:  5 Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

iOS 9.3 sendiri merupakan versi sistem operasi Apple terbaru yang dirilis bersamaan dengan peluncuran iPhone SE. iOS 9.3 sempat dihebohkan oleh para pengguna perangkat Apple karena menawarkan fitur-fitur baru yang menarik, seperti fitur Night Shift yang memungkinkan pengguna untuk mengurangi output cahaya biru pada layar perangkat, sehingga tampilan menjadi lebih hangat dan nyaman dipandang terutama di lingkungan yang gelap, seperti di malam hari.

Dengan masalah ini, maka sepertinya merupakan hal yang bijak apabila Anda menunda melakukan pembaruan sistem operasi iOS Anda. Kemungkinan besar, Apple tengah merancang iOS 9.3.1 untuk rilis dalam waktu dekat guna memperbaiki masalah pada iOS 9.3.