Berita

Untuk Pertama Kalinya, Oppo Kalahkan Penjualan iPhone di China

Selama lima tahun menjadi juara bertahan dalam segi penjualan di China, iPhone harus berberat hati menyerahkan gelar kekuasaannya ke Brand lokal, Oppo. Perusahaan yang selalu menerbitkan smartphone dengan harga tinggi itu dikabarkan menurun pada tahun 2016. Laporan ini di informasikan dari Counterpoint Research, menyebutkan bahwa Apple tak lagi populer di China dan hal ini ialah pertama kalinya sejak tahun 2012. Sementara penjualan Oppo R9 naik drastis mencapai 17 juta unit.

Untuk Pertama Kalinya, Oppo Kalahkan Penjualan iPhone di China

Semuanya pasti kaget karena hal langka ini, iPhone 6s ternyata gagal memuncaki peringkat smartphone terlaris di China tahun 2016. Kekalahannya tersebut di anggap pantas oleh masyarakat sebab pesaingnya adalah Oppo R9 (sama dengan kualitas Oppo F1 plus di Indonesia). Ponsel yang dijuluki sebagai ‘Selfie Expert’ ini memuncaki penjualan 17 juta unit atau sekiatr 4% dari total penjualan. Sedangkan untuk iPhone 6s hanya 12 juta unit dari total penjualan smartphone di Negeri China. Apalagi jika dibandingkan masalah harga, Oppo memang lebih murah dari iPhone.

Kekalahan iPhone 6s di dasari oleh minimnya fitur terbaru smartphone tersebut. Padahal di masa kini, rata-rata smartphone high-level mempunyai fitur layar OLED, Fast Charging, kapasitas baterai besar dengan kemampuan dual kamera yang canggih. Dan fitur itu semua sudah di miliki Oppo R9.

Artikel menarik:  Kapan Meizu M6s Masuk Indonesia?

Namun bukan hanya spesifikasi yang lebih mumpuni, strategi penjualan Oppo juga patut di acungi jempol. Oppo tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk strategi penjualan mereka seperti untuk iklan billboard, video, televisi dan bekerja sama dengan artis-artis yang sedang digemari oleh rakyat China.

Oleh karena itu, kunci utama Apple untuk merebut kembali pasar Chine berada di tangan iPhone 7 atau 8. Bila smartphone tersebut memiliki fitur yang dapat memuaskan pasar, bukan hal yang tak mungkin jika iPhone akan menjadi nomor 1 lagi. Tetapi jangan remehkan juga senjata rahasia yang hendak diberikan Oppo di tahun 2017 ini. Kita tunggu saja bagaimana jadinya pertarungan iPhone dan Oppo selanjutnya.

Sebagai tambahan, setelah mengalami kekalahan di China, Apple berencana melebarkan sayapnya ke Negara India yang di anggap sebagai salah satu pasar smartphone terbesar dunia.