Berita

Ucapkan Sampai Jumpa pada Smartphone Firefox!

Hari Rabu, 9 Desember 2015, Mozilla secara resmi menghentikan pengembangan dan produksi Firefox OS untuk smartphone. Ari Jaaksi, Senior Vice President dari Departemen Connected Devices Mozilla, mengatakan bahwa mereka tidak mampu memberikan pengalaman pengguna terbaik seperti yang diharapkan, sehingga mereka akan berhenti menawarkan Firefox OS untuk carrier smartphone.

Ucapkan Sampai Jumpa pada Smartphone Firefox

Sistem operasi yang pertama kali dirilis 2,5 tahun lalu itu, tepatnya pada bulan Februari 2013, mula-mula ditargetkan untuk menyasar pasar ponsel kelas low-end dengan harga murah. Mozilla bahkan pernah memasarkan smartphone super murah di India yang berharga US$25, sekitar Rp 345.000,-.

Akan tetapi, Mozilla tidak mampu menyaingi kegarangan Android. Sebagai sistem operasi open source, peran masyarakat dalam perkembangan ekosistem Firefox OS amatlah penting. Kenyataannya, kehadiran sistem operasi Firefox OS tidak begitu menghebohkan penggiat smartphone, sehingga pengembangan-pengembangan aplikasi berbasiskan sistem operasi tersebut pun sangat minim. Ketertarikan yang begitu rendah ini dikarenakan Firefox OS hanya mendukung aplikasi berbasis HTML5.

Di lain pihak, lingkungan sistem operasi Android, yang terintegrasi dengan berbagai layanan Google, tumbuh matang dengan amat cepat dalam beberapa waktu terakhir. Pengembangan aplikasi berbasis Android juga jauh lebih gencar dilakukan, sehingga pengalaman pengguna Android pun jauh lebih baik. Sistem operasi Android tidak lagi hanya berkuasa di pasar smartphone kelas menengah ke atas, tetapi juga ke smartphone-smartphone kelas bawah.

Artikel menarik:  G7X Mark III, PowerShot Pertama Canon Berkemampuan 4K?

Seperti halnya dengan WebOS milik HP yang juga telah di-diskontinu, karena lisensi open source, maka siapapun yang berminat dapat memanfaatkan source code Firefox OS dan melanjutkan proyek tersebut. Pihak Mozilla sendiri juga mengatakan lebih lanjut bahwa mereka hanya menghentikan penggunaan Firefox OS untuk smartphone – mereka tetap memanfaatkan sistem operasi tersebut untuk produk-produk lain seperti perangkat televisi. Mozilla berencana menggarap dunia Internet of Things (IoT) dengan Firefox OS.

Good luck, Firefox OS!