BloggingTutorial

[Tutorial List Building] Bangun List Konsumen Anda

Secara umum, ada 2 jenis list yang dapat dibangun dalam email marketing. Pertama adalah list prospek (leads) dan kedua adalah list konsumen (buyer). Jika saat ini Anda belum mulai membuat list, maka list termudah dan yang dapat segera Anda buat adalah list konsumen Anda sendiri.

Tutorial List Building

Meski terlihat sepele dan mudah, list konsumen (buyer) ini merupakan jenis list yang paling responsif dibandingkan semua jenis list yang ada. Alasannya adalah karena list ini terbukti pernah mengeluarkan uang untuk Anda (membeli), telah mengenal Anda dan besar kemungkinan akan menjadi pelanggan tetap.

Maka, pilihan untuk tidak segera membangun list konsumen sendiri adalah hal yang sangat disayangkan.

Berikut illustrasi list building konsumen Anda :
– Jika setiap hari Anda bertransaksi dengan 3 konsumen, dalam 1 bulan Anda telah memiliki list berisi 90 orang. Dalam 3 bulan, Anda memiliki 270 orang. Jika dalam 1 penawaran email nilai konversi 1% saja (konversi buyer biasanya akan lebih dari ini), maka setiap kali Anda mengirim email, Anda akan mendapatkan 2-3 penjualan.

– Jika setiap hari Anda bertransaksi dengan 5 konsumen, dalam 1 bulan Anda telah memiliki list berisi 150 orang. Dalam 3 bulan, Anda memiliki 450 orang. Jika dalam 1 penawaran email nilai konversi 1% saja (konversi buyer biasanya akan lebih dari ini), maka setiap kali Anda mengirim email, Anda akan mendapatkan 4-5 penjualan.

Cara Membangun List Konsumen Anda secara manual (tutorial ini menggunakan Getresponse, secara prinsip sama saja dengan email tools lainnya) :

1. Login ke akun, dan pilih menu “add contact”

addcontact
2. Masukkan nama dan email yang Anda minta dari konsumen Anda secara manual seperti gambar berikut :

list building

3. Jangan lupa centang “I have permission to add this contact to my list”, lalu klik “Add contact”.
4. Ulangi dan lakukan hal yang sama untuk setiap konsumen Anda.

Cara manual ini tidak membutuhkan form, konfirmasi, dsb karena email langsung Anda dapatkan dari konsumen yang telah mengenal Anda.

Jadi, mulai sekarang jangan lupa meminta nama dan email dari konsumen, dan segera bangun list buyer dan gemukkan terus setiap hari. Bangunlah komunikasi dan relasi yang baik, jangan lupa kabari list Anda jika ada info dan penawaran bagus di masa depan.

Semoga bermanfaat.