Tutorial Lengkap Partisi Hardisk Windows 7

Urusan partisi hardisk cukup akrab di kalangan masyarakat yang menginginkan sejumlah drive pada komputer. Caranya pun relatif mudah dilakukan untuk generasi Windows terdahulu melalui tampilan DOS dengan beberapa perintah mudah. Pada Windows 7, ketika cara partisi melalui DOS tak lagi bisa selalu diterapkan karena tidak kompatibel dan usangnya program tersebut, orang mulai merasa bingung ketika ingin melakukan partisi.

Nah, dalam posting kali ini kita akan melihat tutorial lengkap cara partisi hardisk Windows 7 yang sangat mudah dilakukan.

cara partisi hardisk windows 7 - 0

Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui jenis partisi pada hardisk sehingga Anda bisa membuat perencanaan tentang berapa banyak partisi yang harus Anda buat di PC atau laptop Anda.
Primary : drive utama yang menyimpan file-file yang bersifat bootable dan sistem operasi seperti Windows dan lain sebagainya. Primary partition biasanya ditandai dengan huruf c:
Extended : fungsinya adalah sebagai pembatas antara primary dan logical partisi, juga sebagai back up bila terjadi fatal error pada primary partisi.
Logical : sebagai partisi yang berisi file-file yang terdiri dari dokumen, lagu, film dan lain sebagainya. Partisi ini tidak akan ikut terhapus apabila partisi primary mengalami masalah yang mengharuskan user melakukan penghapusan atau install ulang. Logical partisi adalah alasan utama mengapa Anda perlu melakukan partisi pada hardisk. Partisi ini ditandai dengan huruf d:, e: dan seterusnya hingga z:

Artikel berhubungan:  Tips Mempercepat Start Up Windows 10

Berikut cara melakukan partisi hardisk pada Windows 7 :
1. Klik kanan pada computer dan pilih “manage”.
2. Pada jendela baru yang muncul, pilih storage > disk management, seperti gambar dibawah :

cara partisi hardisk windows 7 -1

3. Klik kanan pada hardisk yang ingin dipartisi, kemudian pilih “shrink volume” seperti gambar dibawah :

cara partisi hardisk windows 7 -2

4. Tentukan volume partisi yang akan dibuat. Pastikan volume tersebut sudah Anda hitung terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Untuk jelasnya, silahkan simak gambar dibawah :

cara partisi hardisk windows 7 -3

Jika sudah diisi, pilih “shrink”
5. Partisi baru sudah dibuat ditandai dengan warna hijau.

cara partisi hardisk windows 7 -4

6. Format partisi baru tersebut dengan cara klik kanan pada partisi baru tersebut kemudian kita pilih “new simple volume” klik next.
7. Pilih next terus hingga muncul menu “Format Patition” yang diisi dengan NTFS dan label partisi. Klik next hingga keluar tulisan “completing the new simple volume wizard”. Lakukan kroscek terlebih dahulu. Jika sudah oke, silahkan klik finish.

cara partisi hardisk windows 7 -6
8. Selesai. Sialahkan cek partisi baru pada windows explorer.

So, sudah tidak bingung lagi kan untuk melakukan partisi hardisk Windows 7 di PC/laptop Anda?