Tutorial Lengkap Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Dalam aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan komunikasi, tak jarang kita kerap diganggu oleh teror dan beberapa panggilan yang tidak kita inginkan. Nah, daripada pusing menghadapi gangguan-gangguan tersebut, Anda dapat memblokir nomor telpon yang diinginkan dengan cara yang relatif mudah. Pada posting ini Anda dapat melihat cara memblokir nomor telpon pada semua perangkat smartphone populer, meliputi iOS, Android dan Windows Phone.

Tutorial Lengkap Memblokir Nomor Telepon di Smartphone

Android
Memblokir kontak serta nomor telephone di Android dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan aplikasi yang di buat spesial untuk maksud itu, atau dengan feature built in yang tersedia pada smartphone Android. Tak seluruh piranti Android mempunyai feature built in tersebut.

Beberapa piranti Android yang dilengkapi dengan feature tersebut adalah Samsung, LG, serta HTC. Pada piranti Samsung, buka aplikasi telephone, tekan tombol “Menu”, serta tentukan “Call Setting”. Buka menu tersebut dan masukkan nomor yang mau diblokir. Sistem yang sama saja dipakai pada piranti Android LG teranyar.

Tetapi, pada piranti Android HTC yang jalan dengan Sense UI versus 5 ke atas, cukup buka phonebook serta tekan tombol “Menu” di pojok kanan atas. Lalu tentukan “Blocked Contacts” serta masukkan nomor yang ingin diblokir.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi untuk memblokir nomer telephone di Play Store. Satu diantara yang paling popular yaitu Mr Number. Aplikasi ini bisa memblokir nomor yang sudah diambil, atau menghindari nomor telephone tersembunyi untuk mengganggu. Aplikasi ini juga dapat menghalau spam berbentuk pesan teks. Aplikasi Mr Number dapat diperoleh dengan gratis di Play Store.

iOS
Untuk memblok nomor telephone di iPhone iOS 7 cukup simpel. Caranya adalah dengan membuka aplikasi telephone, lalu buka perincian kontak, scroll ke sisi bawah serta tekan pilihan “Block this Caller”. Bila cuma sebagian nomer spesifik yang mau diblok, bisa ditemukan dalam daftar panggilan paling akhir, lalu tekan ikon ” i “, tujukan ke bawah serta tentukan “Block this Caller”. Menariknya, tidak cuma panggilan telephone yang bisa diblok dari nomor-nomor itu, namun juga pesan teks dari nomer yang sama. Panggilan FaceTime bisa dilokir juga lewat cara itu.

Windows Phone
Untuk memblokir nomer telephone orang lain, piranti Windows Phone 8 membutuhkan software GDR2. Diluar itu Anda akan membutuhkan suatu aplikasi penambahan berbentuk aplikasi Nokia call + SMS filter, yang ada di WP Marketplace.

Saat diinstal, aplikasi itu bakal memberikan pilihan pemblokiran untuk aplikasi handset di hp kalian. Tentukan kontak telephone yang mau diblokir dengan menahan jari sampai nampak suatu menu. Atau, pergi ke menu Setting serta pergi ke sisi paling bawah serta tentukan call+SMS filter yang dapat pula dipakai untuk meniadakan daftar entry dari nomer yang diblokir.

Selamat memblokir!