[Tutorial] Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s

Salah satu fitur istimewa yang terdapat di iPhone 5s adalah sensor sidik jari Touch ID. Sensor ini berfungsi sebagaimana password konvensional yang sebelumnya digunakan. Dengan Touch ID, password (passcode) tidak lagi dibutuhkan sehingga keamanan akan jauh lebih terjamin. Lebih jauh, Touch ID juga berfungsi untuk menyetujui pembelian dari iTunes Store, App Store dan toko iBooks.

Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s

Bagi Anda pengguna iPhone 5s, Anda pasti sudah pernah melihat setting Touch ID pada saat melakukan aktivasi pertama kali. Nah, jika Anda memutuskan untuk melakukan ‘set it up later’, maka untuk melakukan setting kembali, biasanya Anda akan bingung dimana mencari menu tersebut. Pada posting ini, Anda dapat menyimak tutorial lengkap setting Touch ID sensor sidik jari sekaligus cara melakukan kostumisasi.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Pilih menu settings app > General > Passcode & Fingerprint, seperti gambar berikut :

Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s

2. Masukkan passcode (jika Anda pernah membuatnya).
3. Tap pada opsi Fingerprints > Tap Add a fingerprint
4. Selanjutnya, pada layar yang muncul letakkan salah satu jari (biasanya jempol) yang Anda inginkan. Ikuti seluruh permintaan yang muncul tentang bagaimana meletakkan jari Anda pada layar. Setelah selesai, Anda akan melihat iPhone melakukan setting terhadap sidik jari Anda. Proses ini berlangsung tak sampai semenit saja.
5. Setelah semua animasi pada layar menjadi merah, iPhone akan memberitahu kalau proses setting sukses seperti gambar berikut. Tap di pilihan Continue.

Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s a

6. Anda dapat memasukkan hingga 5 sidik jari yang diinginkan. Untuk melakukannya, ulangi proses diatas kembali.
7. Kini Anda dapat menggunakan Touch ID untuk lock dan unlock layar iPhone. Apabila Anda ingin melakukan setting sensor sidik jari sebagai persetujuan iTunes Store atau App Store, lakukan tap pada iTunes & App Store menjadi On seperti gambar berikut.

Cara Setting Sensor Sidik Jari Touch ID iPhone 5s 1

Selesai. Kini iPhone 5s Anda sudah aman dan hanya dapat melakukan unlock screen & pembelanjaan menggunakan jari-jemari Anda saja. Jika perlu, Anda dapat melihat tutorial melalui video berikut :

Mudah, bukan?