[Tutorial] Cara Mudah Mengamankan Facebook Dari Hacker

Pada beberapa pengguna, akun facebook bisa menjadi area yang cukup private dan bersifat sangat pribadi. Beberapa data, percakapan dan hal-hal penting tentu saja tidak boleh ‘disusupi’ oleh orang lain. Pada akun facebook yang diperuntukkan bagi keperluan bisnis dan sharing dengan teman terdekat, penyalahgunaan akun sangat rentan terjadi apabila mampu diakses oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Sayangnya, facebook merupakan salah satu akun yang paling banyak mendapatkan ‘serangan’. Tak melulu oleh hacker yang super hebat, boleh jadi akun dapat dengan mudah dibobol oleh teman, pacar, mantan pacar atau amatiran mana pun yang sedang iseng jika Anda tak pandai membuat password yang kuat.

Cara Mudah Mengamankan Facebook Dari Hacker

Tips paling pertama untuk melindungi facebook tentu saja dengan memberikan password yang rumit dan tidak mudah ditebak. Selalu hindari password yang berisi nama atau angka sbb :
– tanggal lahir Anda, anak, pacar
– nama Anda, anak, pacar
– Angka 1234 dan seterusnya yang berderet
– user pada email Anda
– alias atau panggilan Anda

Tips selanjutnya adalah dengan mengikuti tutorial dibawah yang effekstif untuk melindungi akun facebook dari hacker amatiran maupun yang canggih :
1. Login ke akun FB Anda, pilih menu pengaturan account (account settings) seperti gambar berikut :

cara melindungi akun facebook 1

2. Pilih menu “security” atau keamanan.
3. Pilih ‘edit’ pada menu “Login Approval”. (indonesianya : persetujuan masuk ke facebook, seperti gambar berikut :

cara melindungi akun facebook 2

 

 

4. Centang tulisan “Memerlukan kode keamanan untuk mengakses akun saya dari browser yang tidak dikenali,” (Require a security code to access my account from unknown browsers).
5. Pada jendela yang muncul, pilih “get Started” dan ikuti semua step yang tersedia. Anda akan diminta untuk memasukkan password.

cara melindungi akun facebook 3
6. Selesai

Dengan melakukan setting diatas, maka pemberitahuan akses akan dikirim ke ponsel Anda jika ada hacker atau orang usil yang mencoba masuk ke dalam akun. Tentu saja proteksi ini sangat aman karena penyusup hanya dapat mengakses akun jika ia juga mencuri ponsel milik Anda.

Semoga bermanfaat!