[Tutorial] Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue

Ada dua jenis Queue pada Mikrotik, yaitu Queue Simple & Queue Tree. Queue Simple adalah langkah termudah untuk lakukan management bandwidth yang diaplikasikan pada jaringan taraf kecil hingga menengah untuk mengatur penggunaan bandwidth upload serta download setiap user. Sementara itu, Queue Tree serupa seperti queue simple namun lebih rumit, yakni bisa lakukan pembatasan bandwidth menurut grup juga dengan cara hierarki. Kita mesti mengaktifkan feature Mangle pada Firewall bila mau memakai Queue Tree.

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue

Mengatur serta membatasi penggunaan Bandwidth internet memanglah satu hal yang utama saat koneksi internet kita terbatas, misal karena kuota bandwidth yang terbatas dari ISP. Kita butuh membatasi kuota bandwidth setiap user yang terkoneksi ke Router Mikrotik. Pada Router Mikrotik sendiri telah ada feature yang dapat membatasi (limit) bandwidth yakni Queue.

Berikut langkah Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue :

1. Buka Winbox dan pilih menu Queues seperti gambar dibawah :

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue 1

2. Tambahkan Simple Queue baru dengan klik tombol +

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue 2

3. Lakukan setting pada tab yang ada :
– Tab address : dapat diisi dengan alamat ip yang ingin dilimit. Jika tidak diberikan, maka setting akan berlaku bagi seluruh PC.
– Tab Max Limit : alokasikan limit pada bagian ini. Untuk mengaktifkan fitur in, klik Target Upload dan Target Download. Silahkan setting waktu sesuai dengan keinginan.
– Tab Advanced : silahkan setting sesuai dengan value dibawah
Interface
Tentukan interface mana yang mau dibatasi bandwidth nya, umpamanya interface Wlan1 untuk membatasi koneksi internet lewat wireless. Bila mau membatasi bandwidth di seluruhnya Interface tentukan all.
Limit At
Limit At yaitu alokasi bandwidth terendah yang dapat diperoleh oleh user bila traffic jaringan benar-benar repot. Seburuk apa pun situasi jaringan, user tak lagi memperoleh alokasi bandwidth di bawah nilai Limit At ini. Jadi Limit At ini yaitu nilai bandwidth paling rendah yang bakal diperoleh oleh user. Nilai nya terserah anda ingin di isi berapakah. Umpamanya di isi upload 128kbps download : 512kbps.

Baca Juga :  [Tutor] Dua Pin BBM Dalam Satu Android, Bisa!

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue 3

4. Klik OK

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue 4

Catatan : pengaturan limit bandwith dapat disesuaikan berdasarkan keinginan. Silahkan ulangi kembali langkah diatas untuk mendapatkan setting yang sesuai.

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part