[Tutorial] Cara Melindungi WordPress Dari Hack Dengan Plugins

Sebagai engine blog yang paling banyak digunakan, tentu saja WordPress menjadi sasaran paling diincar oleh para hacker untuk menyusupkan malware, virus dan berbagai program jahat. Semakin tinggi traffic dan bagus sebuah blog bermesin WordPress, semakin besar pula peluangnya untuk menjadi ‘korban’ keganasan orang-orang tidak bertanggung jawab itu.

Cara Melindungi WordPress Dari Hack

Beberapa waktu lalu, giliran blog Gaptex menjadi sasaran dari malware “eval (base64” yang cukup menyebalkan. Pasalnya, hampir seluruh file terinfeksi dan infeksi tersebut menyebabkan redirect website ini ke website lain ketika diakses melalui SERP (search engine result page) Google. Beruntung kami memiliki backup database dan file sehingga keadaan tersebut bisa diatasi dengan cepat. Dari kejadian tersebut, kini website Gaptex sudah dilapisi oleh berbagai macam fitur keamanan yang sebelumnya tidak diberikan.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati
Bagi Anda pemilik blog dengan engine WordPress yang belum mendapatkan ‘jatah’ serangan malware, sekaranglah saat terbaik untuk melindungi blog Anda dengan berbagai macam tips keamanan dan plugins yang kami berikan dibawah. Pastikan Anda melakukan backup database dan file terlebih dahulu agar bisa digunakan jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti error dan segala macam.

5 Tips Mengamankan WordPress

Tips Pertama – Username dan password harus yang susah dan tak mudah diingat. Selalu hindari menggunakan username ‘admin’. Usahakan untuk mengganti password secara berkala agar blog menjadi lebih aman.
Tips Kedua – Lindungi file-file penting melalui htaccess. Beberapa perintah dapat Anda masukkan kedalam file .htaccess untuk melindungi aksi-aksi hacking yang tidak bertanggung jawab.
Tips Ketiga – Set File Permission ke level yang paling direkomendasikan.
Tips Keempat – Update versi wordpress ketika ada yang lebih baru. Hal yang sama juga berlaku untuk plugins. Demi keamanan, sebaiknya Anda menghindari penggunaan plugins yang tidak perlu.
Tips Kelima – Paling penting. Selalu lakukan backup secara berkala (1-2 minggi sekali) pada database dan file wordpress Anda. Backup merupakan sarana paling ampuh untuk mengembalikan kondisi wordpress ke keadaan semula jika infeksi malware terjadi.

Baca Juga :  Cara Menghapus Tuntas Virus Delta-Homes Search Pada Browser

Seluruh tips pertama hingga keempat diatas dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis menggunakan plugins yang tersedia di wordpress. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah All In One WP Security.

Plugins All In One WP Security
Untuk menginstall plugins All In One WP Security, silahkan search plugins tersebut melalui tab plugins di dashboard Anda. Jika sudah terinstall lakukan aktivasi.

Pada menu dashboard, lakukan setting berikut :
1. Buat keempat opsi menjadi “on” seperti gambar dibawah dengan cara klik satu-persatu opsi tersebut.

cara mengamankan wordpress dengan plugins

Anda akan dibawa menuju halaman dimana Anda bisa melakukan setting untuk meningkatkan keamanan blog Anda.
2. Klik pilihan “firewall” dalam aktifkan semua opsi pada “Basic Firewall Rules”. Jika sudah, klik tab “5G Firewall Rules” dan aktifkan opsi yang tersedia.

cara mengamankan wordpress dengan plugins 1
3. Untuk melindungi spam comment, silahkan klik menu “SPAM Prevention” dan aktifkan opsi yang tersedia.

cara mengamankan wordpress dengan plugins 2
4. Untuk setting lainnya, Anda bisa melakukan improvisasi sesuai dengan keinginan.
5. Lihat indikasi “Security Strength Meter” pada plugins dashboard. Semakin tinggi nilainya, semakin baik pula setting yang Anda lakukan. Nilai diatas 100 adalah yang paling direkomendasikan.

cara mengamankan wordpress dengan plugins 3

Saat ini, berbagai macam plugins keamanan tersedia secara gratis untuk wordpress. Tidak semua dapat dipakai secara bersamaan. Anda juga tidak perlu menginstall seluruh plugins dan mengaktifkannya karena justru dapat membuat kinerja menjadi ‘crash’ satu sama lain. Dengan setting yang tepat sesuai dengan petunjuk diatas, Anda hanya membutuhkan satu plugins keamanan saja yaitu All In One WP Security.

So, jangan terlambat. Lakukan proteksi blog wordpress Anda sekarang juga!

Share Button

Langganan Newsletter Gaptex

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi, gadget dan cara mendapatkan uang melalui internet langsung ke email Anda...

This information will never be shared for third part