[Tutorial] Cara Install Flash Player di Android

Perangkat Android kini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk menggantikan PC dan laptop. Beberapa model yang ringkas seperti All in one PC Android dan tablet Android semakin diminati masyarakat. Pertanyaannya, apakah perangkat-perangkat tersebut dapat sepenuhnya menggantikan PC dan laptop biasa?

Cara Install Flash Player di Android

Jawabannya bisa iya dan tidak, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tetapi salah satu masalah yang cukup mengganjal adalah Flash Player pada browser Android yang tidak tersedia secara default. Tanpa adanya plugins Flash Player, berbagai laman website tak akan terbuka sempurna. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menginstall Flash Player di Android secara manual seperti yang akan kami jelaskan di tutorial kali ini.

Sekilas Flash Player For Android
Sebelumnya, Adobe Flash Player tersedia di Google Play untuk diunduh dan digunakan. Sayangnya kini flash player tak lagi tersedia sehingga harus diinstal secara manual.

Artikel menarik:  Tips Fotografi Pakai HP Sekeren DSLR

Berikut video tutorial yang kami ambil dari situs resmi Adobe :

Langkah instalasi Flash Player di Android :
– Silahkan download Flash Player for Android APK melalui link dibawah :


– Pastikan Anda sudah mengizinkan ponsel untuk menginstall APK dari pihak ketiga. Jika sudah, silahkan install apk tersebut secara manual.
– Silahkan restart perangkat dan jalankan browser.

Catatan :
– Saat ini flash player belum mendukung Google Chrome

Next post kita akan membahas secara spesifik mengenai browser di Android yang baik untuk menjalankan laman flash.

Semoga bermanfaat!