Tips & Trik

Trik Saat Ingin Membeli Kamera DSLR Bekas

art editor shots,camera details

Apakah Anda saat ini sedang ingin membeli kamera DSLR bekas? Jika iya, maka Anda harus ekstra berhati-hati memilih agar tidak mudah tertipu oleh penjual yang mungkin saja menjajakan kamera yang sudah rusak. Seperti halnya saat membeli kamera digital baru merk apapun, ketika membeli sebuah kamera DSLR bekas atau second hand, Anda perlu teliti dalam memilih mana yang kualitasnya cukup baik dan minim cacat.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa trik saat ingin membeli kamera DSLR bekas yang bisa Anda baca di bawah ini:

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya
Banyak sekali sumber informasi yang dapat Anda cari dan manfaatkan seputar kamera DSLR. Cara yang paling mudah ialah dengan membuka situs fotografi di internet atau bertanya di forum-forum fotografi lokal. Contohnya, jika Anda ingin membeli Nikon D5, maka Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kamera tersebut.

2. Utamakan COD
Mungkin Anda tidak ingin ribet untuk ketemuan dengan penjual sehingga Anda memilih belanja online. Namun, ada baiknya Anda tetap melakukan transaksi cash on delivery atau COD. Memang, saat membeli barang elektronik seperti kamera DSLR tidak bisa sembarangan, terlebih lagi barang bekas. COD menjadi pilihan tepat karena Anda dapat mengecek langsung barangnya untuk di coba.

3. Periksa Fisik Bodi Kamera
Periksa bodi kamera sangatlah penting karena menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kerusakan di dalam kamera adalah cacatnya bodi luar. Periksa seluruh bodi kamera untuk mengecek adanya retak atau luka fisik akibat benturan dan terjatuh. Kamera DSLR yang pernah jatuh atau terbentur sangat berpotensi mengalami kerusakan internal, misalnya tombol tidak berfungsi, indikator rusak, dan sebagainya.

4. Tes Fungsi Kamera
Setelah memastikan bodi kamera baik-baik saja, maka Anda bisa mengecek fungsi di dalamnya. Beberapa fungsi yang perlu diperhatikan pada kamera DSLR bekas ialah tes piksel, auto focus, lensa kamera, tombol kamera dan sensor kamera.

5. Masa Garansi
Terakhir, jangan membeli kamera DSLR tanpa garansi. Walaupun bekas, Anda wajib memilih kamera yang masih bergaransi. Biasanya 1 atau 2 minggu. Selama masa garansi itulah, jangan segan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, apa masih layak untuk dipakai atau tidak. Terutama jika Anda membeli dari pemakainya langsung, pastikan ada perjanjian jual beli bila dalam beberapa hari kamera bermasalah.