Trik Mengetahui iPhone Baru atau Refurbished

Sebelum Sobat Gaptex ingin membeli smartphone baru, seperti iPhone 6 Plus, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah iPhone tersebut masih baru atau refurbished. Kedua jenis ini dijual di toko offline maupun secara online. Namun, terdapat perbedaan yang harus Anda perhatikan mulai dari box, tampilan fisik, garansi, hingga performa dari produk tersebut.

Trik Mengetahui iPhone Baru atau Refurbished

Memang cukup sulit melihat perbedaan antara iPhone refurbished dan baru karena keduanya mempuyai tampilan yang sama. Biasanya, iPhone refurbished adalah iPhone yang telah dibeli oleh seseorang yang kemudian dikembalikan lagi kepada Apple karena ada komponen atau sistem di dalamnya tidak bekerja dengan optimal.

iPhone refurbished tersebut diperbaiki dan diperbaharui oleh teknisi-teknisi Apple dan dijual kembali sebagai barang baru. Apabila teknisi Apple yang melakukannya, Anda akan merasakan iPhone refurbished ini seperti barang baru. Namun jika diperbaiki oleh non-teknisi Apple, maka produk smartphone akan cepat rusak. Berikut ini beberapa trik mengetahui iPhone baru atau Refurbished adalah:

1. Tanyakan kepada Toko atau Penjual
Pastikan Anda menanyakan kepada apakah iPhone yang akan dibeli apakah sudah direfurbished atau masih baru. Jika refurbished, tanyakan juga apakah iPhone tersebut direkondisi oleh Apple, distributor, atau teknisi toko.

Artikel menarik:  Cara Registrasi Ulang SIM Card Seluruh Provider

2. Harga
Perlu diketahui, harga dari iPhone Refurbished jauh lebih murah dari barang original. Sebagai contohnya, iPhone 4 dan iPhone 5 sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple. Jika Anda menemukan jenis ini dipasaran namun penjual mengklaim bahwa iPhone tersebut masih baru dan dibanderol harga di bawah Rp 4 jutaan, maka 99% iPhone adalah barang Refurbished.

3. Garansi Resmi
Garansi yang diberikan Apple untuk barang iPhone Refurbished biasanya hanya dibatasi dalam jangka panjang waktu satu tahun. Namun di Indonesia sendiri, sangat sulit untuk mendapatkan iPhone bergaransi tersebut.

4. Box
Cara lainnya untuk mengetahui apakah iPhone baru atau Refurbished adalah dari tampilan box-nya. Semua kotak produk Apple berwarna putih. Namun pastikan juga di sana terdapat segel yang menyatakan “Apple Certified Pre-Owned”. Yang artinya, iPhone tersebut telah Refurbished resmi oleh Apple.