Trik Menambah Kapasitas USB Flashdisk

Sebelum menjabarkan tutorial secara lengkap, perlu diinformasikan bahwa trik dalam posting kali ini sebaiknya diterapkan dalam kondisi mendesak saja dan tidak dimaksudkan untuk kebutuhan jangka panjang apalagi menjadikannya permanen. Sepanjang penggunaannya sesuai dengan peringatan tersebut, resiko kehilangan data atau kerusakan flashdisk dapat diminimalisir atau dilenyapkan sama sekali.

Trik Menambah Kapasitas USB Flashdisk

Baiklah kita mulai. Sobat gaptex, dalam posting kali ini kita akan mempelajari sebuah trik yang cukup wah, yaitu cara untuk menambah kapasitas USB flashdisk menjadi 2x lipat ukuran semula. Caranya cukup sederhana yaitu hanya menggunakan software yang bernama Skymedi Fix 2GB Capacity. Dengan software ini, kapasitas flashdisk dapat diubah menjadi sebagai berikut :

– 1GB menjadi 2GB
– 2GB menjadi 4GB
– 4GB menjadi 8GB
– 8GB menjadi 16GB, dan seterusnya.

Tentu saja penambahan kapasitas tersebut tidak permanen. Sebab kalau permanen, dijamin flashdisk kapasitas besar tidak akan laku, bukan? Penggunaan software penambah kapasitas tersebut sebaiknya hanya dilakukan ketika Anda membutuhkan kapasitas flashdisk besar untuk memindahkan data dari sebuah PC ke PC lain, atau gadget lainnya.

Sebagai contoh, jika kapasitas ‘asli’ flashdisk Anda hanya 1GB sementara file yang ingin dipindahkan berukuran 1,5GB dan Anda tidak berminat untuk membeli flashdisk baru hanya untuk sekadar menindahkan file tersbeut saja, ditambah teman Anda tidak mau meminjamkan flashdisk miliknya. Nah, ketika itulah Anda bisa menerapkan trik ini.

Artikel berhubungan:  Cara Praktis Ganti Smartphone Android Tanpa Ribet!

Berikut langkah-langkahnya :
1. Download software Skymedi Fix 2GB Capacity disini.
2. Install dan jalankan program di PC
3. Siapkan flashdisk yang ingin ‘digemukkan’. Jangan lupa backup semua data terlebih dahulu.
4. Format Flashdisk ke FAT/FAT32. Jangan pilih NTFS
5. Pada software Skymedi, pilih drive dimana usb flashdisk ditancapkan. Klik FIX. Perlu diketahui bahwa tidak semua flashdisk kompatibel dengan software ini. Jika tombol FIX tidak bisa diklik, kemungkinannya flashdisk tersebut belum tertancap, belum berformat FAT/FAT32 atau tidak kompatibel.
6. Selesai. Ketika FIX dijalankan, Flashdisk Anda sekarang kapasitasnya sudah menjadi 2X lipat

Catatan penting : pada prinsipnya, software Skymedi Fix 2GB Capacity hanya dapat dijalankan pada flashdsik berukuran 1GB saja sesuai namanya (Fix 2GB). Meski demikian, ada banyak pengguna yang berhasil menerapkannya di flashdsik dengan kapasitas lebih besar. Apapun itu, pilihan ada tangan Anda. Segala kerusakan dan resiko yang terjadi tentu saja merupakan tanggung jawab Anda pribadi.

Just take it or leave it.