Tips & Trik

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD

CMD merupakan progam paling dasar yang dapat ditemukan pada sebuah PC. Meski terkesan sepele, CMD bisa digunakan untuk mengoperasikan hampir seluruh hal yang berhubungan dengan komputasi. Berbagai macam perintah, seperti copy, hapus, simpan, ping dan lain sebagainya dapat dijalankan CMD, termasuk mempercepat koneksi internet, tak terkecuali untuk mempercepat koneksi internet. Anda dapat menemukan beragam perintah CMD disini.

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD

Cara yang akan kita bahas kali ini cukup sederhana dan terbukti efektif mempercepat koneksi internet lelet yang bikin sebal. Tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki koneksi pas-pasan (termasuk yang seharusnya koneksi kencang tetapi lamban) untuk mencobanya.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Buka CMD melalui start menu “Run”. Ketikkan CMD, lalu tekan enter seperti gambar berikut :

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD

2. Setelah muncul aplikasi CMD, ketikkan “ipconfig/all” (tanpa tanda petik) > enter. Nantinya akan muncul beberapa informasi. Carilah DNS Server komputer Anda, seperti gambar dibawah :

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD 1

3. Jika sudah ketemu, masukkan perintah ping -l 50000 dns -t pada CMD. Sebagai contoh, untuk DNS server 192.168.1.1 seperti gambar diatas, maka yang harus dimasukkan adalah -l 50000 dns -t. Perhatikan bahwa huruf yang ada di depan adalah L kecil bukan I. Tekan enter setelah memasukkan perintah hingga muncul ping pada layar.

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD 2

4. Biarkan proses diatas berjalan hingga sekitar beberapa menit. Selama proses ping, Anda bisa mencoba menguji koneksi internet yang Anda miliki. Jika sudah lebih cepat, silahkan tutup CMD.

5. Buka kembali aplikasi CMD (lihat nomor 1), kemudian ketikkan perintah cd.. > enter sebanyak 2 kali hingga terlihat Anda sedang berada di drive c: seperti gambar berikut :

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD 3

6. Selanjutnya, ketikkan perintah “netsh interface tcp set global autotuning=disabled” (tanpa tanda petik), enter.

Trik Mempercepat Koneksi Intenet via CMD 4
7. Selesai. Sekarang tutup CMD dan tes kembali koneksi internet Anda. Jika perlu lakukan restart.

Seharusnya, internet Anda sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya. Jika masih lemot, Anda perlu mengecek modem atau mengganti koneksi ke yang lebih stabil.

Selamat mencoba!