iPhoneTips & Trik

Trik Kalibrasi Layar iPhone

Meski pengguna tidak dapat mengatur sensitivitas layar sentuh iPhone, tetapi pengguna bisa melakukan kalibrasi motion sensor dan kecerahan layarnya. Motion sensor pada iPhone sangat rentan terhadap medan magnet dan pengaruh lingkungan. Tanpa sadar, pengguna sering meletakkan iPhone mereka di dekat sumber medan magnet seperti speaker dan motor listrik, sehingga sensor-sensor gyro, magnetometer dan accelerometer mengalami perubahan. Juga, pengguna terkadang merasa tingkat kecerahan layar kurang nyaman di mata. Berikut ini kami berikan trik kalibrasi layar iPhone untuk kenyamanan Anda.

Kalibrasi semua motion sensor iPhone termasuk gyroscope, magnetometer dan accelerometer dapat dilakukan dengan aplikasi Compass.

1. Jalankan aplikasi Compass di layar iPhone Anda

Trik Kalibrasi Layar iPhone

2. Ikuti perintah yang muncul, yakni untuk memiringkan layar dan memutar bola merah yang tampil pada aplikasi ke sekeliling lingkaran yang muncul

Trik Kalibrasi Layar iPhone 1

3. Teruskan ayunan terhadap iPhone Anda hingga muncul gambar kompas di layarnya, yang berarti semua motion sensor sudah berhasil dikalibrasi.

Trik Kalibrasi Layar iPhone 2

Sementara pengaturan tingkat kecerahan layar iPhone dilakukan melalui Settings.
1. Klik ikon Settings pada iPhone Anda.

Trik Kalibrasi Layar iPhone 3

 

2. Tap opsi Display & Brightness.

Trik Kalibrasi Layar iPhone 4

3. Geser slider di bawah tulisan “Brightness” untuk mendapatkan tingkat kecerahan yang Anda inginkan.

Artikel menarik:  iPhone 8 dan iPhone X Dipastikan Masuk Indonesia

Trik Kalibrasi Layar iPhone 5

 

Jika Anda menyalakan fitur Auto-Brightness di layar Display & Brightness tersebut, maka tingkat kecerahan akan disesuaikan secara otomatis oleh iPhone ketika Anda berpindah dari lingkungan yang terang ke gelap serta sebaliknya. Jika Auto-Brightness dimatikan, maka tingkat kecerahan layar yang sudah Anda tetapkan tidak akan berubah.

Pihak Apple tidak menyediakan fitur untuk mengkonfigurasi sensitivitas layar sentuh iPhone Anda. Namun, jika layar sentuh iPhone Anda mulai bermasalah atau tidak responsif, cobalah melakukan beberapa hal berikut.
– Bersihkan layarnya. Sama seperti permukaan gelas lain, layar iPhone mudah dilekati debu, kotoran, dan minyak. Entitas-entitas tersebut dapat mengganggu interaksi jari pengguna dengan layar sehingga menurunkan sensitivitas.
– Restart iPhone Anda.
– Bila tidak ada perbaikan dan sensitivitas layar iPhone benar-benar menurun, bawalah iPhone Anda ke Apple Store terdekat untuk diperbaiki.

Semoga bermanfaat!