Tips untuk Mengetahui Keaslian iPhone

Saat ini para pengguna iPhone semakin marak di Tanah Air. Tak dipungkiri, ponsel pintar ini memang selalu menjadi incaran masyarakat dari semua umur. Bentuknya yang elegan dan premium membuat setiap orang yang memiliki iPhone menjadi lebih percaya diri. Selain itu, iPhone juga mempunyai ciri khas tersendiri dari segi desain yang menjadikannya unik dan berbeda dari perangkat smartphone lainnya.

Tips untuk Mengetahui Keaslian iPhone

Kendati demikian, tidak semua iPhone yang dijual di pasaran atau toko online itu original. Masih banyak oknum-oknum yang menjual secara bebas iPhone KW atau plasu. Mereka memang sengaja meniru dan menjiplak desain iPhone hingga benar-benar sama. Oleh sebab itu, Sobat Gaptex jangan sampai terjebak membeli iPhone palsu supaya tidak rugi dalam segi dana ataupun barangnya. Supaya tidak sampai ketipu membeli iPhone palsu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri fisik ataupun non fisik dari iPhone original. Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui keaslian iPhone:

1. Cek Fisik
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengecek keaslian iPhone dari segi fisik. Tetapi untuk mengeceknya, Anda harus super teliti sebab banyaknya perangkat replika atau super copy yang di desain sangat mirip dengan iPhone. Cara mengecek ini cukup sederhana, di antaranya adalah:
· iPhone tidak mempunyai Dual SIM
· iPhone tidak mempunyai tombol back di sebelah tombol home
· baterai iPhone Non-Removable
· iPhone mempunyai tombol fisik silent atau mute dekat volume button
· speaker iPhone berada di bawah, tepat di samping port USB

Artikel berhubungan:  5 Bahaya Gagdet Bagi Anak-Anak

2. Cek iTunes
Cara mudah lainnya yaitu dengan mengeceknya di iTunes. Lantas apa yang harus Anda lakukan? Cukup hubungkan iPhone ke Mac atau install iTunes di komputer. Apabila saat tersambung ke PC, iTunes dapat mendeteksinya, maka iPhone adalah asli, sebab perangkat selain iOS tidak dapat terdetek di ITunes. Hanya iPhone, iPad, dan iPod Touch yang asli yang dapat d deteksi oleh iTunes. Saat Anda hubungkan ke iTunes, Anda akan melihat beragam informasi seperti nomor telepon, IMEI, nomor seri dan lainnya.

3. Cek IMEI
Selanjutnya cara yang paling jitu adalah cek IMEI atau nomor serial. Walaupun serial dan IMEI dapat menipu, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Anda dapat membedakan iPhone asli ataupun palsu. IMEI iPhone terletak di tiga titik yakni dalam sistem iOS, di belakang iPhone dan box kemasannya. Pastikan ketiga IMEI di tempat berbeda ini sama. Setelah yakin sama, langsung buka situs resmi website Apple dan masukkan IMEI iPhone Anda, jika terdeteksi berarti ponsel iPhone yang dibeli adalah asli.