Tips & Trik

Tips Merawat Touchscreen Pada Ponsel

Apakah Anda tahu kalau sebenarnya layar sentuh pada kebanyakan ponsel terbilang sangat rapuh? Butuh perhatian khusus untuk menjaga dan merawat touchscreen pada ponsel agar dapat bertahan lama atau awet. Kini telah terdapat teknologi gorilla glass yang mampu melindungi layar sentuh ponsel Anda. Tapi bagaimana jika Anda tak memakai Gorilla Glass?

Tips Merawat Touchscreen Pada Ponsel

Berikut kami berikan tips merawat layar sentuh pada ponsel Anda agar lebih awet dan tahan lama.

1. Matikan layar ponsel saat tidak digunakan
Menonaktifkan layar handphone Anda adalah salah satu cara termudah untuk merawat touchscreen ponsel. Karena jika layar dibiarkan menyala saat tidak digunakan dapat menyebabkan berkurangnya intensitas komponen emisi cahaya serta kualitas warna yang dimiliki ponsel Anda.

2. Hindari dari sinar matahari secara langsung
Ternyata pada layar sentuh ponsel terdapat komponen gel tipis yang dapat rusak jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan ponsel di luar ruangan apalagi dalam keadaan panas yang sangat menyengat.

3. Rutin bersihkan layar ponsel
Hal satu ini memang sering dianggap remeh oleh pengguna ponsel. Padahal membersihkan layar ponsel secara rutin dapat mengurangi resiko kerusakan touchscreen. Anda dapat menggunakan kain halus ataupun tissue untuk membersihkan layar ponsel Anda. Disarankan lagi untuk menggunakan kain microfiber yang cocok untuk layar handphone.

4. Gunakanlah pelindung layar
Penggunaan pelindung layar terbukti dapat mengurangi tingkat kerusakan layar sentuh. Layar ponsel Anda juga akan bebas dari debu dan sentuhan langsung dengan tangan dan kotoran. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di toko-toko retail handphone ataupun di tempat Anda membeli smartphone.

5. Jangan pernah menggunakan kuku saat menekan layar
Touchscreen biasanya sangat sensitif pada sentuhan. Anda tidak perlu menggunakan kuku saat menekan maupun mengetuk layar sentuh ponsel Anda. Kuku yang tajam dan keras dapat dengan mudah merusak sensitifitas layar sentuh ponsel.

6. Sentuh ataupun tekan layar dengan lembut
Jangan sampai Anda menekan layar sentuh ponsel dengan sentuhan yang kasar dan keras. Biasanya saat bermain game, Anda akan kebablasan menekan layar ponsel. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka dipastikan touchscreen ponsel Anda tidak akan bertahan dalam waktu yang lama.

7. Jauhkan dari medan magnet, benda tajam, dan suhu yang ekstrim
Medan Magnet yang terdapat pada beberapa benda elektronik ternyata dapat memicu berkurangnya sensitifitas layar sentuh Anda. Lama kelamaan akan merusak touchscreen ponsel. Begitu pula dengan benda tajam serta suhu yang terbilang ekstrim (baik panas ataupun dingin yang berlebihan). Jangan dekatkan benda tajam seperti pisau, cutter, gunting, dan lainnya. Apalagi jika meletakannya di atas ponsel kesayangan Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.