Seputar Tekno

Tips Menghilangkan Virus Shortcut

Mungkin Anda sering kali mengalami masalah dimana flashdisk atau harddisk komputer terkena virus sehingga data Anda yang berupa folder hilang dan menjadi shortcut. Hal tersebut pasti sangat menyebalkan dan menjengkelkan, apalagi folder tersebut berisi data yang sangat penting. Sejak dulu sampai sekarang, virus shortcut memang sering muncul di flashdisk, harddisk, dan media penyimpanan lainnya. Lantas apa itu virus shortcut?

Tips Menghilangkan Virus Shortcut

Virus shortcut merupakan salah satu virus yang paling terkenal sejak tahun 2011 silam dan mampu menyerang jutaan komputer karena dapat menginfeksi file berformat EXE dan DLL, yang merupakan program atau file system pada Windows. Virus ini paling sering menyerang komputer atau laptop yang menggunakan Windows XP namun terkadang juga dapat menyerang komputer Windows 7 atau 8 tetapi hal ini jarang terjadi.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara dan tips untuk menghapus virus shortcut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari virus tersebut seperti di bawah ini:
· Setelah menyerang flashdisk atau komputer Anda, virus akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder My Documents.
· Virus ini akan membuat file autorun.inf pada setiap folder dan drive Anda. Biasanya virus shortcut berasal dari flashdisk.
· Kemudian, virus shortcut tersebut akan membuat file thumb.db, namun perlu diperhatikan untuk thumbs.db pada folder atau drive Anda bisa jadi adalah file cache dari komputer yang asli.
· Untuk menjebak korban, virus shortcut akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink pada setiap folder drive komputer Anda. Jadi, jika Anda tidak sengaja mengklik file tersebut, maka virus akan langsung aktif.
· Periksa Task Manager Anda, apakah ada file wscript.exe pada sistem komputer. Jika ada segera matikan saja sebab dalam keadaan normal, tidak ada file wscript.exe.

Artikel menarik:  Pengertian Bahasa Pemrograman

Setelah mengetahui ciri-ciri dari virus shortcut ini, kini Anda jadi bisa menghapus virus-virus shortcut tersebut supaya kinerja komputer kembali berjalan baik dengan cara seperti di bawah ini:
· Langkah pertama adalah mematikan System Restore di komputer Anda.
· Matikan proses yang sedang dijalankan oleh virus shortcut seperti wscript.exe dengan menggunakan Process Explorer atau dengan software Hijack This.
· Hapus file database.mdb di My Documents.
· Hapus semua file yang telah di duplikat virus.
· Menghapus semua file autorun.inf yang telah dipasang virus pada setiap folder atau partisi.