Seputar TeknoTips & Trik

Tips Menghilangkan Adware di Android Tanpa Root

Smartphone android banyak digunakan karena memang menyediakan berbagai dukungan aplikasi serta game dengan banyak varian yang dapat dipilih. Bahkan pasar smartphone pun saat ini telah menyediakan berbagai pilihan smartphone sesuai dengan budget yang dimiiki namun spesifikasi yang tidak kalah mumpuni pula. Namun sering kita temui masalah smartphone android yang rentan terserang virus dan iklan. Karena itu kami memberikan tips menghilangkan Adware (virus iklan) di android tanpa root.

Pengguna smartphone memang tidak mengenal usia, dari anak kecil hingga orang tua saat sudah fasih menggunakan smartphone pintar ini. Memang tidak bisa dipungkiri penggunaan smartphone memiliki segudang manfaat untuk semua orang, baik untuk berkomunikasi, sarana hiburan, sumber informasi dan masih banyak lagi. Jika sebelumnya kami pernah membahas cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root yang memberatkan pengoperasian smartphone, kali ini tips menghilangkan adware di android tanpa root.

Android yang merupakan sistem operasi smartphone terpopuler, namun meskipun populer tetaplah memiliki kekurangannya yang open-source. Android yang open-source sering kali disalahgunakan oleh distributor smartphone nakal untuk menyisipi iklan dengan sengaja yang muncul secara terus menerus. Umumnya, produsen smartphone Android China sering mudah menyusupi iklan. Tapi, tidak semua. distributor nakal yang sengaja memasukkan aplikasi iklan ke ROM hasil dimodifikasinya. Kalau bukan karena distributor nakal yang dengan sengaja menyusupi iklan, kemungkinan Anda salah memasang aplikasi Android di luar Google Play.

Semua yang memiliki smartphone android, pasti pernah tiba-tiba sering muncul iklan saat menggunakan android. Iklan ini sangat menyebalkan. Apalagi kalau smartphone Android yang digunakan biasa terhubung ke internet. Internet terhubung, begitu banyak iklan mulai bermunculan kapan pun dan dimana pun. Saat berada di layar Utama, iklan muncul. Saat menggunakan WhatsApp, iklan muncul. Saat menggunakan LINE, BBM atau Messenger, iklan juga terus tampil. Tidak masalah aplikasi atau permainan apa yang dibuka, iklan yang mengganggu masih terus muncul.

Hal tersebut memang menjadi kendala yang mengganggu segala aktifitas yang ada di smartphone Anda. Penyebabnya yaitu sering memasang aplikasi atau game gratis sembarangan yang bisa jadi adware yang mengandung virus dan malware yang bisa menginfeksi sistem android. Sebenarnya iklan tersebut muncul dari aplikasi pihak ketiga yang dengan sengaja memasukkan iklan untuk menambah penghasilan mereka. Namun terkadang iklan ditampilkan berlebihan, sehingga banyak hal yang mengganggu kenyamanan para pemilik smartphone android.

Secara lengkap Adware adalah virus iklan yang sering muncul ketika smartphone sudah terinfeksi. Iklan tersebut biasanya banyak muncul dalam bentuk pop-up yang mengajak Anda untuk mengunduh aplikasi, bahkan tanpa izin. Ini merupakan kendala yang wajib untuk dihilangkan dari smartphone Anda. Berikut akan kami beritahu tips menghilangkan adware di android tanpa root yang mudah dan pastinya harus segera Anda lakukan, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Artikel menarik:  11 Aplikasi Android Pengusir Nyamuk

1. Periksa terlebih dahulu akses administrasi smartphone Anda di menu Settings – Security – Device Administrators.

2. Jika ada aplikasi yang mencurigakan yang mengaktifkan akses administrasinya, matikan segera.

3. Selanjutnya, hapus aplikasi mencurigakan yang meminta akses administrasi. Tapi disarankan untuk Clear Data dan Cache terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

4. Selesai, semudah inilah menghilangkan virus iklan di smartphone Android tanpa root.

Namun, jika Anda mendapati virus iklan masih ada, kemungkinan adware tersebut menjelma menjadi aplikasi sistem yang tidak bisa dilacak di application manager. Untuk menghilangkannya Anda harus masuk ke safe mode untuk dapat menemukan aplikasi adware yang mencurigakan, lalu menghilangkannya. Tenang, cara ini tidak memerlukan akses root.

Menghilangkan Adware di Android dengan Safe Mode
Apakah Anda mencoba cara di atas namun tetap gagal menghentikan iklan yang muncul? Mungkin Adware sudah menjelma sebagai aplikasi sistem. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan cara lain dengan masuk Safe Mode.

1. Masuk Safe Mode dengan kombinasi tombol power dan volume. Untuk cara masuk Safe Mode setiap smartphone memiliki cara yang berbeda, silahkan searching di Google.

2. Setelah berada di dalam Safe Mode, Anda akan menemukan semua aplikasi lain yang terinstal menghilang, kecuali aplikasi sistem. Nah, Adware terinstal sebagai sebuah sistem akan tetap ada, dan Anda bisa mencoba menguninstallnya di Safe Mode.

3. Setelah dicopot pemasangan, harap mulai ulang smartphone Anda.

Dengan cara ini, sudah pasti adware yang ada di ponsel anda tidak akan ada lagi. Mudah bukan?

Jika semua yang telah Anda lakukan dengan benar, seharusnya adware yang ada pada smartphone Anda akan terhapus. Dan smartphone Anda bisa digunakan dengan sempurna lagi. Itulah yang bisa kami berikan tentang tips menghilangkan adware di android tanpa root. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda agar semakin nyaman dalam menggunakan smartphone tanpa ada lagi gangguan dari adware yang menjengkelkan.

Semoga berhasil!