Tips Menghemat Memori dari Media Files WhatsApp

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di smartphone anda, maka akan semakin banyak pula memakan memori RAM dan penyimpanan internal sehingga bisa menghambat kinerja smartphone. Karena itulah, anda sering menjumpai smartphone lemot, nge-lag, dan sebagainya. Salah satu aplikasi yang cukup banyak memakan memori yaitu aplikasi WhatsApp, dan pada kali ini kami akan mengulas tentang tips menghemat memori dari media files WhatsApp tersebut.

Tips Menghemat Memori dari Media Files WhatsApp

Tips kali ini hampir sama dengan tips kurangi penggunaan data pada WhatsApp, namun yang menjadi bedanya, Anda hanya akan melakukan beberapa upaya sehingga aplikasi WhatsApp tidak terlalu memakan memori.

Cara Menghemat Memori dari Media Files WhatsApp
WhatsApp ialah aplikasi messanger yang memakan RAM cukup besar selain LINE atau BBM. Hal ini dikarenakan WhatsApp mempunyai fitur untuk mengunduh file gambar atau video secara otomatis. Masalah ini harus segera Anda cegah supaya kinerja smartphone tidak terganggu.

Salah satu tips menghemat memori dari media files WhatsApp yaitu dengan menonaktifkan auto media download pada aplikasi tersebut, sehingga setiap kiriman gambar atau video dari kerabat Anda tidak akan ter-download otomatis dan Anda pun bisa menghendaki file mana saja yang akan di simpan ke memori internal.

Artikel berhubungan:  Ini Cara Membuka Pola Layar Android Yang Terlupakan

Selain untuk menghemat memori internal dengan menonaktifkan auto media download tersebut, RAM smartphone juga akan bertambah besar karena tidak melakukan kerja pada fitur auto media download pada aplikasi WhatsApp ini. Dan berikut beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur audio media download di WhatsApp:
· Langkah awal yaitu bukalah aplikasi WhatsApp dan masuk ke Settings atau Pengaturan, dan kemudian pilih ‘Chat settings’
· Pada menu Chat Settings, tap pada pilihan Media auto-download dan Anda bisa menonaktifkan semua tipe automatic media download yang awalnya aktif
· Selesai. Mulai sekarang, saat Anda melihat gambar dan video kiriman dari kerabat dekat, maka harus di download dulu secara manual.
· Tinggal pilih saja apakah Anda ingin menggunakan Wifi, paket data atau mematikannya ketika roaming.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, smartphone Anda yang mungkin awalnya lemot, akan semakin lancar karena memori RAM dan penyimpanan internalnya sudah cukup ‘lega’. Itulah Tips Menghemat Memori dari Media Files WhatsApp dari kami, semoga bermanfaat!