Tips & Trik

Tips Mengatasi Touchscreen Android yang Bergerak Sendiri

BERLIN, GERMANY - SEPTEMBER 19: A shopper ltries out the new Apple iPhone 6 at the Apple Store on the first day of sales of the new phone in Germany on September 19, 2014 in Berlin, Germany. Hundreds of people had waited in a line that went around the block through the night in order to be among the first people to buy the new smartphone, which comes in two versions: the Apple iPhone 6 and the somewhat larger Apple iPhone 6 Plus. (Photo by Sean Gallup/Getty Images)

Hampir semua orang saat ini menggunakan smartphone berbasis Android. Tidak bisa dipungkiri jika smartphone Android menjadi perangkat yang amat populer di zaman milineal ini karena memiliki beberapa kelebihan, salah satunya ialah pengoperasiannya yang mudah. Namun yang namanya buatan manusia pasti tetap mengalami masalah, misalnya touchscreen yang bergerak sendiri sehingg kita sulit untuk mengontrolnya. Oleh karena itu, kami akan memberikan sejumlah tips mengatasi touchscreen Android yang bergerak sendiri untuk Sobat Gaptex sekalian.

Di kesempatan sebelumnya, kami juga telah memberikan tips mengatasi touchscreen ponsel macet atau tidak berfungsi yang pastinya membuat jengkel dan kesal, padahal banyak pekerjaan sedang menunggu Anda.

Bagi Anda pengguna Android tentu terganggu dengan masalah layar Android yang sewaktu-waktu bergerak dengan sendirinya, meskipun tanpa kalian tekan. Apalagi jika Anda yang mungkin sedang melakukan aktifitas dengan perangkat Android, contohnya sedang melakukan browsing di internet, sedang mengerjakan tugas, atau seru bermain game, pastinya sangat menjengkelkan dan membuat tak nyaman ketika melakukan aktifitas kalian.

Tips Mengatasi Touchscreen Android yang Bergerak Sendiri
Perkembangan smartphone setiap tahunnya sangat pesat, kenapa? Karena banyak pengguna yang memerlukan smartphone dengan fitur canggih, misalnya dapat digunakan untuk daily driver. Oleh karena itu, banyak sekali smartphone yang sekiranya bisa untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia saat ini.

Namun secanggih apapun smartphone yang dibuat oleh pabrikan, pastinya ada plus-minusnya di setiap produk. Masalah Android yang sering terjadi ialah layarnya terkadang bergerak sendiri tanpa disentuh, dimana kondisi ini disebut sebagai ghost touch.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik terlebih dahulu karena kami akan membantu Sobat untuk mengatasi touchscreen yang bergerak sendiri. Berikut penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Baterai hampir habis
Baterai yang lemah juga bisa menyebabkan layar smartphone Anda bergerak sendiri tanpa disentuh. Mungkin hal ini sudah biasa bagi pengguna smartphone karena mungkin sering terjadi di masyarakat. Apakah Anda tahu solusinya? Satu-satunya solusi adalah Anda perlu melakukan charger smartphone jika baterai hanya tersisa 20% sampai 25% untuk menghindari kesalahan pada layar smartphone Anda.

2. Touchscreen rusak
Yang bisa membuat touchscreen rusaknya misalnya, air atau debu yang menempel disekitar layar Android Anda. Namun belum tentu juga layar Anda benar-benar rusak, sehingga untuk mengetahui lebih detail, Anda bisa langsung membawa smartphone ke pusat servis untuk memeriksa kenapa layar smartphone tersebut sering bergerak sendiri. Setelah itu, maka Anda akan mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada smartphone, karena dijelaskan oleh service center dimana Anda membawa smartphone Android.

3. RAM mungkin terlalu kecil
Hal lain yang mungkin menyebabkan layar bergerak dengan sendirinya adalah karena kemungkinan banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang atau di belakang layar. Bisa terjadi karena kapasitas RAM mungkin terlalu kecil, sehingga bisa menyebabkan layar menjadi error dan membuat layar smartphone Anda bergerak sendiri tanpa disentuh. Jika itu terjadi, maka solusinya adalah Anda me-restart atau boot ulang smartphone Android Anda.

4. Kerusakan Firmware
Sistem Android atau yang disebut firmware mungkin mengalami beberapa masalah spesifik yang akan berdampak pada kinerja Android. Baik itu di layar, file tersimpan, kamera, aplikasi yang digunakan atau lainnya. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa mengupgrade sistem Android tersebut ke sistem terbaru atau versi baru. Jadi dengan Anda mengupgrade semua sistem maka semua bug dan masalah yang ada pada sistem akan hilang dengan sendirinya.

5. Masalah pada Screen Protector
Tidak hanya karena masalah touchscreen, tapi sebaiknya cek kondisi screen protector juga. Karena pelindung layar juga bisa menjadi masalah yang bisa disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada layar sehingga membuat layar bergerak dengan sendirinya. Anda akan mengatasi dengan cara membersihkan layar dengan kain lembut hingga debu dan kotoran pada pelindung layar bisa terlepas sepenuhnya.

6. Layar Overheat
Bagi Anda pengguna smartphone yang terlalu berlebihan berjam-jam tanpa jeda akan membuat layar jadi bermasalah. Mungkin ada kemacetan, kesalahan atau bahkan layar bergerak sendiri. Namanya juga teknologi, smartphone Anda memiliki batas waktu penggunaan. Ponsel cerdas pun perlu istirahat sebentar sampai suhu turun atau tidak terlalu panas. Jika Anda akan mengisi daya, berarti Anda juga harus memastikan apakah telepon Anda berada dalam keadaan layar tidak aktif atau dalam keadaan layar OFF.

7. Charger Rusak
Mungkin kalian bertanya, apa ada hubungannya charger dengan layar? Jawabannya adalah ada, karena saat Anda mengisi baterai smartphone, sebaiknya pastikan charger yang akan Anda gunakan normal atau tidak rusak. Mengapa? Karena jika charger yang akan Anda gunakan tidak dalam kondisi baik, hal itu dapat menyebabkan layar smartphone Android Anda bergerak dengan sendirinya. Hal-hal yang mungkin sangat sering terjadi, maka sebaiknya jangan gunakan smartphone saat mengisi daya.

8. Factory Reset
Tips terakhir ini bisa Anda lakukan dengan menyetel ulang ponsel cerdas Anda. Mungkin cara ini bisa membuat smartphone kembali pada tampilan default. Sebelum mengupgrade sistemnya, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah membuat cadangan semua file pada perangkat. Bagi Anda yang akan mencobanya, maka Anda bisa langsung melihat langkah-langkah yang akan dilakukan di bawah ini:

– Pertama, masuk ke Menu Pengaturan atau Setting.
– Kemudian Anda memilih Pengaturan Tambahan.
– Selanjutnya pilih Create Backup and Reset.
– Kemudian pilih tap “Clear Application Data and Applications yang Bisa Dibongkar”.
– Selesai.